Beranda News Obituari Didi Kempot Meninggal Dunia

Didi Kempot Meninggal Dunia

508
BERBAGI
Didi Kempot yang merupakan anak dari pelawak terkenal, mendiang Ranto Edi Gude atau Mbah Ranto. Didi Kempot mengawali dunia musiknya sebagai musisi jalanan sejak 1984. Tempo/Nurdiansah
Didi Kempot yang merupakan anak dari pelawak terkenal, mendiang Ranto Edi Gude atau Mbah Ranto. Didi Kempot mengawali dunia musiknya sebagai musisi jalanan sejak 1984. Tempo/Nurdiansah

TERASLAMPUNG.COM — Kabar duka kembali datang dari dunia musik Indonesia. Penyanyi campursari dengan nama lahir Dionisius Prasetyo alias Didi Kempot meninggal pada Selasa, 5 Mei 2020 pagi.

Kabar meninggalnya pelantun lagu “Pamer Bojo” itu diketahui pertama kali dari pesan yang beredar. Dikabarkan Didi kempot meninggal dunia pada pukul 07.45 WIB.

Didi Kempot meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai penyebab meninggalnya Didi Kempot dan juga mengenai info pemakaman.

Didi Kempot wafat pada usia 53 tahun. Penyanyi yang dijuluki The Godfather of Broken Heart itu dikenal dengan lagu-lagu bertemakan patah hati.

Nama Didi Kempot kembali mencuat dalam beberapa tahun terakhir terutama di kalangan anak muda. Sederet konser pun telah dilakukan oleh Didi Kempot dengan penonton anak muda.

Didi Kempot juga berencana menggelar konser Akbar di Stadion Gelora Bung Karno pada 10 Juli 2020 mendatang. Namun konser tersebut urung dilaksanakan setelah sang legenda menghembuskan nafas terakhirnya.

Wafatnya seniman asal Surakarta, Dionisius Prasetyo alias Didi Kempot hingga memunculkan tanggapan dari Istana Negara, Jakarta.

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman, menyatakan bela sungkawa atas meninggalnya Didi Kempot pagi tadi, Selasa, 5 Mei 2020, sekitar pukul 07.00 WIB.

“Innalillahi w.r. Mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum Didi Kempot. Insya Allah almarhum husnul khotimah,” ujar Fadjroel dalam keterangan tertulisnya.

Fadjroel mengatakan momen terakhir Presiden Jokowi bertemu Didi Kempot melalui vide conference. Saat itu, Jokowi hadir dan memberi dukungan serta berterimakasih pada acara pengumpulan dana bagi masyarakat korban wabah Covid-19.

Jokowi juga terima kasih atas imbauan tidak mudik yang digaungkan oleh Didi Kempot pada 11 April 2020.

“Inisiatif Gotong Royong Kemanusiaan almarhum Didi Kempot tersebut sangat dihargai, dan sumbangan kreatif almarhum dalam dunia musik Indonesia sangat dihormati,” kata Fadjroel.

Didi pernah memenuhi undangan Istana. Ia hadir dalam acara Pagelaran Wayang Kulit di Istana Kepresidenan pada Agustus 2019 untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

TEMPO

Loading...