Diduga Berkualitas Buruk, Talut di Jalan Lintas Tengah Sumatera Lampura Ambrol

  • Bagikan
Talut yang ambrol di Jalan Lintas Tengah Sumatera, tepatnya di Desa Bandarputih‎, Lampung Utara
Talut yang ambrol di Jalan Lintas Tengah Sumatera, tepatnya di Desa Bandarputih‎, Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Bandarputih–Diduga karena kualitas pembangunan yang buruk, talut yang dibangun di Jalan Lintas Tengah Sumatera yang berada di Desa Bandarputih, Kotabumi Selatan, Lampung Utara ambrol.

Pantaua‎n di lokasi, panjang talut yang ambrol itu mencapai sekitar lima ‎meter. Talut yang ambrol itu berada di sisi kiri jalan dari arah Bandarlampung. Selain ambrol, kerusakan nyaris serupa juga terlihat di titik lainnya yang letaknya tak begitu jauh.

Secara kasatmata, pembangunan talut itu diduga kuat tidak sesuai spesifikasi yang diharuskan. ‎Itu terlihat dari pemasangan material talut yang terkesan hanya menempel di tanah. Belum lagi telah terdapat keretakan di sejumlah talut tersebut.

Sayangnya, sama sekali tidak ditemukan papan proyek yang terpasang di sekitar lokasi pembangunan talut. Akibatnya, belum dapat diketahui‎ proyek itu berasal dari instansi mana berikut sumber anggaran yang mendanai proyek tersebut.

Kendati demikian, kuat dugaan proyek ini masuk dalam wewenangnya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung. Itu dikarenakan talut yang dibangun berada di atas jalan milik negara.

“Talut itu ambrol sudah sejak semingguan ini. Yang ambrol itu talut yang sebelah kiri jalan dari arah Bandarlampung,” kata salah seorang warga sekitar yang menolak disebutkan identitasnya, Senin (20/12/2021).

Menurut warga tersebut, pembangunan talut itu dimulai sejak sekitar bulan September lalu. Total panjang talut yang dibangun diperkirakan lebih dari 1 KM. Talut – talut itu dibangun di sisi kiri dan kanan jalan.

“‎Kalau enggak salah ingat, talut itu dibangun sekitar bulan September atau November,” jelasnya.

  • Bagikan