Beranda Hukum Kriminal Diduga Hendak Mencuri di Rumah Anggota Koramil, Warga Kotabumi Selatan Diamuk Massa

Diduga Hendak Mencuri di Rumah Anggota Koramil, Warga Kotabumi Selatan Diamuk Massa

423
BERBAGI
AS ditangkap warga karena didugahendak mencuri di rumah salah seorang anggota Kodim 0412 Lampung Utara, Kamis (28/12/2017).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — AS,  warga RT 6/RW 6, Dusun 6 Talang Tengah, Kecamatan Abung ,Lampung Utara, menjadi bulan – bulanan massa lantaran kepergok hendak men‎curi di kediaman Yovi Laksamana (anggota Kodim 0412 Lampung Utara) yang berada di RT I/RW I, Kelurahan Tanjung Senang, Kotabumi Selatan, Kamis siang (28/12/2017).

Beruntung nyawa AS dapat diselamatkan karena keburu diamankan oleh anggota Kodim 0412 Lampura yang tiba ke ‎lokasi sesaat setelah mendengar kabar pencurian tersebut. Pelaku langsung diserahkan ke Polres usai diberikan pengobatan di RSUD H.M. Ryacudu.

Aksi nekad AS pertama kali diketahui oleh Yovi yang kebetulan sengaja pulang untuk makan siang. Saat itu, rumahnya memang dalam keadaan kosong karena istrinya sedang tak berada di rumah. Saat hampir tiba di depan rumahnya, ia melihat sepeda motor Honda Beat tak dikenal terparkir di halaman rumahnya.

Kecurigaannya kian menjadi manakala melihat ada seseorang laki – laki yang tak dikenalnya sedang duduk – duduk di teras rumahnya. ‎Belakangan diketahui sosok laki – laki itu bernama AS, warga RT 6/RW 6, Dusun 6 Talang Tengah, Kecamatan Abung tinggi‎.

Merasa ada yang tidak beres, Yovi pun segera ‎menginterogasi yang bersangkutan tentang tujuan pelaku berada di rumahnya. Kepada Yovi, pelaku berkilah hanya ingin menumpang berteduh saja. Tak puas dengan jawaban itu, Yovi menanyakan asal tempat tinggal pelaku berikut KTP-nya.

Pelaku menolak untuk menunjukan KTP seperti yang diminta oleh Yovi. Percakapan Yovi rupanya terdengar oleh salah seorang pelaku lainnya yang sebelumnya telah menyelinap masuk ke dalam rumah. Pelaku yang belakangan diketahui bernama Rian (29), warga Talang Jembatan, Abung Kunang itu langsung kabur melalui pintu garasi.

Melihat hal itu, Yovi langsung mengamankan AS agar tak kabur seperti rekannya tersebut. Tersangka AS ‎ sempat melakukan perlawanan saat akan diamankan sehingga memancing kemarahan tetangga yang mengetahui kejadian itu.

Warga yang telah geram lantaran lingkungannya belakangan ini kerap kemalingan langsung menghujani tersangka dengan bogem mentah secara bertubi – tubi.

“‎Pelaku masuk melalui pintu garasi setelah merusak gembok dengan menggunakan linggis. Setelah itu, pelaku merusak pintu menuju ruang utama dan mengacak – acak seisi rumah,” terangnya.

Menurut Yovi, pelaku yang kabur belum sempat mencuri apapun karena keburu kepergok meski kondisi rumah telah berantakan. ‎Linggis kecil, dan obeng besar, serta tas pelaku tertinggal di rumahnya. Yovi segera menghubungi pimpinan di atasnya untuk memberitahukan kejadian yang menimpanya.

“Bersama dengan pihak Polres, anggota Kodim 0412 ‎langsung membawa ‎pelaku Asep ke Mapolres,” kata dia.

Terpisah, AS membantah dirinya berkomplot dengan pelaku yang kabur dari dalam rumah Yovi. Ia berdalih ingin memborong rambutan yang ada di halaman rumah Yovi. Alasan ini sangat berbeda dengan alasan sebelumnya yang dikatakannya saat diinterograsi oleh pemilik rumah.

“Saya ingin borong rambutan. Dua hari lalu saya lewat sini dan melihat rambutan itu makanya saya ke sini lagi,” ujarnya.