Diduga Lakukan Penipuan Senilai Rp 300 Juta Istri PNS BKD Provinsi Ditahan

  • Bagikan

Zaenal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Kepolisan Resort Kota (Polresta) Bandarlampung  mengamankan AL (40), seorang Ibu rumah tangga warga Jalan Landak, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Kedaton, Bandarlampung, Selasa (10/6). Tersangka diduga telah melakukan penipuan senilai Rp 300 juta terhadap korbannya bernama Rido, warga Jalan Kiwi, Kelurahan Sidodadi, Kedaton, Bandarlampung.

Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung Kompol Dery Agung Wijaya saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah mengamankan tersangka Anisa Liliyana Istikomah, tersangka Liliyana diduga telah melakukan penipuan terhadap korbanya atas nama Rido,

“Tersangka diamankan atas laporan korban Rido yang mengaku telah ditipu oleh tersangka,” kata Dery saat dihubungi melalui ponselnya, Senin (16/6) malam.

Dery menjelaskan, tersangka diduga telah melakukan penipuan bermodus dengan berpura pura dapat meluluskan korban menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) asalkan membayar sejumlah uang yang dimita oleh tersangka.

”Karena korban percaya dengan iming iming dari tersangka, dan ditambahkan lagi suami dari  tersangka ini bekerja di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Lampung, maka korban mempercai tersangka dan menyerahkan uang tunai sebesar Rp 300 Juta kepada tersangka,” papar Dery.

Dery menduga kemungkinan korban yang tertipu ini lebih dari satu orang. Namun untuk memastikan siapa saja korban dalam kasus ini, tim penyidik masih melakukan penyelidikan dan pengumpulan data dan keterangan dilapangan.

“ Ya sejauh ini, baru satu korban yang melapor ke Polresta Bandarlampung, dan dugaan kami lebih dari satu korbannya. Namun untuk pastinya kami akan selidiki lebih jauh kasus ini,” kata  Dery.

Menurut Dery  tersangka saat ini masih ditahan di Mapolresta Bandarlampung guna penyelidikan lebih lanjut. Tersangka juga masih dimintai keterangan oleh tim penyidik guna mengungkap siapa saja yang menjadi korban penipuan dengan berkedok bisa menjadikan seseorang PNS dengan memberikan sejumlah uang.

“Tim penyidik masih melakukan pemeriksaan untuk mengungkap ada berapa korban yang berhasil ditipu oleh tersangka, sementara tim dilapangan tetap bekerja untuk melakukan penyelidikan,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun teraslampung.com, tersangka tidak hanya menipu dengan iming iming dapat meluluskan korban menjadi PNS. Namun tersangka juga terlibat dalam penipuan bisnis ketring, korban diperkirakan lebih dari tiga orang, namun korban tidak beranai untuk melapor kepihak yang berwajib. Selain itu juga suami tersangka Liliyana diketahui merupakan seorang PNS yang bertugas di Kantor BKD Propinsi Lampung, berinisal MG.

“Kemungkinan korbannya banyak, dan mereka tidak beranai melapor, kemungkinan karena suami dari tersangka ini PNS bertugas di BKD Provinsi makanya dia (tersangka) manfaatkan untuk melakukan penipuan. Lalu informasi yang saya dapat barang-barang yang ada dirumah tersangka juga sebagian telah diambil oleh korban,” kata salah seorang pria yang enggan dicantumkan namanya.

  • Bagikan