Beranda Teras Berita Diduga Rekayasa Penghitungan Suara, Panwaslu Paksa PPS Hitung Ulang

Diduga Rekayasa Penghitungan Suara, Panwaslu Paksa PPS Hitung Ulang

189
BERBAGI

B. Satriaji/Teraslampung.com

Gowa—Pemlihan dan penghitungan ular dilakukan  di beberapa daerah di Tanah Air. Selain disebabkan masalah teknis, Pemilu ulang digelar karena adanya protes dari masyarakat, parpol, maupun Panwas karena diduga adanya kecurangan.

Di Lampung, pemilihan ulang dilakukan di satu TPS dii Kabupaten Way Kanan dan beberapa TPS di sejumlah desa di Lampung Tengah, Sabtu (12/4). Sementara  di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Panwaslu setempat memaksa PPS menghitung ulang .

Penggitungan ulang yang dilaksanakan, Sabtu (12/4) di Kelurahan Sungguminasa, karena banyaknya jumlah suara yang berbeda dengan hasil penghitungan dari TPS.

Panwaslu Kabupaten Gowa menemukan kecurangan jumlah suara yang diperoleh sejumlah caleg untuk tingkat DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR-RI. Dugaan kecurangan tersebut ditemukan Panwaslu saat memeriksa hasil rekap penghitungan suara yang dilakukan PPS yang berbeda dengan hasil penghitungan di sejumlah TPS.

Selain merekayasa hasil perhitingan suara, PPS juga diduga menghilangkan formulir C1 yang merupakan dokumen negara yang akan dikirim ke KPU.

“Kami menduga pihak PPS merekayasa jumlah suara untuk caleg tertentu, dengan menambahkan jumlah suaranya serta menghilangkan jumlah suara partai lain, sehingga merugikan caleg tertentu,” kata Alfian, Panwaslu Kabuoaten Gowa.

Menurut Alfian, jika terbukti melakukan rekayasa dan penggelembungan suara, Panwaslu akan melaporkan dan menindak pihak PPS tersebut.(Editor: Isbedy Stiawan ZS)

Loading...