Beranda Hukum Diduga Tipu Calon PNS Rp200 Juta, Sekretaris Kelurahan Sumber Rejo Kemiling Diperiksa...

Diduga Tipu Calon PNS Rp200 Juta, Sekretaris Kelurahan Sumber Rejo Kemiling Diperiksa Polresta

69
BERBAGI
Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya saat memberikan keterangan terkait dugaan penipuan dana CPNS, Senin (9/11/2015).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Diduga melakukan penipuan dana ujian CPNS (calon pegawai negeri sipil) di Polresta Bandarlampung senilai Rp 200 juta, Reinhard Damanik, Sekertaris Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Kemiling, Kota Bandarlampung diperiksa penyidik Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung beberapa hari lalu. Dari hasil pemeriksaan penyidik, dari penyelidikan statusnya ke tahap penyidikan.

Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya, membenarkan beberapa hari lalu pihaknya melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Reinhard Damanik selaku Sekertaris Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung. Reinhard diperiksa
terkait dugaan penipuan dan pengelapan dana ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Polresta Bandarlampung senilai Rp 200 juta.

“Reinhard Damanik dilaporkan atas dugaan penipuan dana CPNS senilai Rp 200 juta oleh salah seorang saksi PNS Polda Lampung,”kata Dery saat ditemui teraslampung.com di ruangannya, Senin (9/11).

Dery mengutarakan, dalam kasus tersebut, saksi yang sudah diperiksa empat yakni dari pihak pelapor dan terlapor itu sendiri. Dari hasil pemeriksaan, kasus ini sudah ditingkatkan statusnya dari lidik ke
sidik bahkan sudah mengarah sebagai calon tersangka.

Saat disinggung apakah yang bersangkutan (Renhard) sebagai calon tersangkanya, Derry enggan membeberkannya. Sebab, pihaknya masih akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap saksi selanjutnya akan digelarkan kembali perkaranya.

“Siapa calon tersangkanya, ya itu nanti sajalah yang jelas nanti pasti akan saya sampaikan siapa tersangkanya,”tutur Dery.

Dery menuturkan, berdasarkan pengakuan saksi lain, ada sekitar tiga atau empat korban lainnya yang menjadi korban penipuan CPNS di Polresta Bandarlampung yang diduga dilakukan oleh Reinhard Damanik. Namun, pihaknya baru mendapatkan salah satu korban saja, yakni salah seorang PNS di Polda Lampung.

“Keterangan itu, kita akan cek kembali. Menurut keterangan dari terlapor, sebagian dana tersebut ada yang sudah dikembalikan ada juga yang belum,”ujarnya.

Dugaan kasus penipuan dana ujian CPNS Polresta Bandarlampung senilai Rp 200 juta tersebut terungkap, ketika salah seorang korban seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polda Lampung melaporkan Reinhard Damanik, SE Sekertaris Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung ke Mapolresta Bandarlampung pada, Jumat (23/10/2015) lalu.

Dari laporan tersebut, Penyidik Tipikor Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap terlapor Reinhard Damanik selaku terlapor dalam kasus tersebut.