Beranda Pendidikan Kampus Dies Natalis ke-6, Itera Resmikan Laboratorium PLTS Terbesar di Indonesia

Dies Natalis ke-6, Itera Resmikan Laboratorium PLTS Terbesar di Indonesia

130
BERBAGI
Peresmian PLTS milik Itera, Selasa (6/10/2020).

TERASLAMPUNG.COM — Institut Teknologi Sumatera (Itera) meresmikan laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1 MWp yang dibangun di atas lahan seluas satu hektare di kampus dan menjadi yang terbesar di Indonesia.

“PLTS ini dibangun melalui kerja sama berbagai pihak seperti PT Wijaya Karya Energi (Persero) dan PT Surya Utama Nuansa (SUN),” kata Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z. Tamin, MSc, Ph.D saat memberi sambutan dalam memperingati Dies Natalis ke-6 Itera, Selasa, 6 Oktober 2020.

Ofyar Z. Tamin mengatakan dengan dibangun PLTS tersebut, Itera, secara bertahap menjadi kampus pertama di Indonesia yang seluruh kebutuhan listriknya dipasok dari PLTS mandiri ini.

“PLTS Itera juga menjadi laboratorium tenaga surya terbesar di Indonesia yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen saja, tetapi juga untuk pengembangan riset mahasiswa dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia,”ujar Rektor.

Selain meresmikan laboratorium PLTS, Itera juga melakukan peresmian pengoperasian sepuluh angkutan cepat bus pintar (Smart Bus Rapid Transit (BRT)) yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan RI yang menjadi proyek percontohan bus kampus nasional.

Ia juga mengatakan bahwa bus pintar ini akan menjadi alat transportasi publik bagi sivitas akademika dan masyarakat sekitar kampus yang dilalui rute BRT Itera tersebut.

Smart BRT Itera juga akan memanfaatkan teknologi GPS system dan pembayaran secara digital.

Loading...