Dihadiri Bupati, Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Lampura Berlangsung Meriah

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara menyaksikan prosesi pemotongan tumpeng peringatan HKN ke-51 yang dilakukan istrinya sekaligus  ketua TP-PKK Endah Kartika Prajawati Agung, di Taman Olahraga dan Seni Kotabumi, Minggu (15/11/2015).

Kotabumi–Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 di Lampung Utara, yang dipusatkan di Taman Olahraga Seni (TOS) Kotabumi, Minggu (15/11), berjalan meriah. Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara membuka acara tersebut dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh  ketua TP-PKK Endah Kartika Prajawati Agung.

Ribuan warga terlihat antusias mengikuti berbagai perlombaan yang digagas oleh Dinas Kesehatan. Berbagai perlombaan itu di antaranya senam prolanis, cerdas cermat bagi bidan, senam massal, tarik tambang dan trompah beregu.

“Selamat Hari Kesehatan Nasional. Semoga dengan adanya HKN ini kesehatan masyarakat Lampura bisa lebih baik lagi,” kata Bupati Agung Ilmu Mangkunegara saat membuka acara tersebut.

Agung berharap peringatan HKN tak hanya sebatas seremonial belaka. Karena sejatinya, tujuan dari HKN itu untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan ketimbang hanya mengandalkan pengobatan saat jatuh sakit.

“Hidup sehat adalah pilihan tapi pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh keluarga, pengaruh sosial dan lingkungan. Saya harap, masyarakat dapat menjadikan peringatan HKN ini sebagai momentum untuk menyadari pentingnya menjaga kesehatan,” harapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan, Prasetyo Heri Hernawan membenarkan, sejatinya makna yang terkandung dalam peringatan HKN ini ialah untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat bahwa menjaga kesehatan itu jauh lebih penting daripada melakukan pengobatan.

“Sesuai tema HKN kali ini yakni Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri maka hendaknya masyarakat menyadari pentingnya berperilaku hidup sehat agar kesehatan tubuh selalu terjaga,” tutur dia.

Lebih jauh ia mengatakan, peringatan HKN yang dipusatkan di TOS Kotabumi ini merupakan wujud nyata kepedulian Pemkab terhadap kesehatan warganya. Sebab, dalam peringatan HKN kali ini, masyarakat dapat berolahraga secara aman di jalan raya selama beberapa jam.

“Kegiatan ini juga dapat sedikit mengurangi polusi asap kendaraan dan memberi kesempatan warga berolahraga dengan aman di jalan raya selama beberapa jam,” paparnya.‎