Diikuti 44 Stand, Lampung Craft 2021 Dibuka GUbernur Arinal

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Arinal Djunaidi membuka Lampung Craft 2021 di Gedung Graha Wangsa, Rabu (27/10/2021). Pembukaan Lampung Craft 2021 ditandai dengan pemukulan rebana oleh Gubernur Arinal didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Forkopimda Lampung, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Dirut Bank Lampung, serta Bupati Tanggamus.

Perhelatan yang digelar Dekranasda Lampung itu diikuti oleh 44 stand, termasuk 2 di dalamnya merupakan tamu kehormatan dari Dekranasda Provinsi Banten dan Dekranasda Provinsi Sumsel, serta Dekranasda Kabupaten/Kota dan UMKM baik dari Lampung maupun luar Lampung.

Lampung Craft 2021 yang mengusung tema “Stairway To Heaven” ini diselenggarakan selama tiga hari,  27 – 29 Oktober 2021.

Selain pameran kerajinan, Lampung Craft 2021 juga menyuguhkan berbagai kegiatan lainnya seperti talk show, fashion show, bazar kuliner, lomba barista dan games dengan berbagai doorprize. Penyelenggaraan kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna menjaga situasi Covid-19 Lampung yang saat ini sedang melandai.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan perhelatan ini  bertujuan sebagai ajang promosi dan pemasaran produk kerajinan khas daerah dari para perajin di Provinsi Lampung.

Melalui ajang pameran ini diharapkan muncul perajin yang handal dan produk UMKM yang berkualitas serta unggul yang tidak kalah dengan produk daerah lain di Indonesia, bahkan mancanegara sehingga dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat membangkitkan perekonomian perajin-perajin yang ada di Provinsi Lampung.

Dorong UMKM

Dalam sambutannya Gubernur Arinal Djunaidi menyatakan mendorong para bupati/walikota di Lampung  dan pihak perbankan untuk membantu pelaku UMKM, terutama di saat melesunya perekonomian saat ini.

Selain itu, Gubernur juga mendorong Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota di Lampung untuk mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para perajin agar terampil dan meningkatkan mutu dan kualitas produk sehingga bersaing di skala nasional bahkan internasional.

Dengan kehadiran desainer kondang nasional, Oscar Lawalata, Gubernur berharap agar batik tenun khas lampung mendapat masukan agar menyesuaikan dengan selera pasar dan meningkatkan animo belanja masyarakat.

“Khasnya jangan ditinggalkan tapi motifnya yang perlu mendapat masukan. Saya ingin suatu saat batik tenun dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional,” kata Gubernur Arinal.

Direktur Utama Bank Lampung Presley Hutabarat menyambut baik perhelatan Lampung Craft 2021. Pada even ini Bank Lampung menggelar stand yang memamerkan aneka program/produk Bank Lampung.
“Kami ingin menunjukan bahwa Bank Lampung sudah berubah. Kini nasabah Bank Lampung bukan hanya pegawai negeri tapi Bank Lampung juga sudah masuk ke bisnis,  serta kredit produktif UMKM,” katanya.
Presley mengatakan, hal ini juga sejalan dengan arahan Gubernur Lampung, agar Bank Lampung berperan serta dalam mengembangkan UMKM.
“Salah satunya di Dekranasda yaitu para pengrajin yang ada di Provinsi Lampung. Sehingga bisa mewujudkan masyarakat Lampung Berjaya, ” ujar Presley Hutabarat.

Oscar Lawalata Siap Bantu Populerkan Kerajinan Khas Lampung

Sementara itu, desainer kondang Oscar Lawalata menyatakan dirinya terkesima dengan beragamnya kriya dan kerajinan yang dimiliki Provinsi Lampung.

Oscar menambahkan, beragamnya kerajinan khas Lampung tersebut dibarengi dengan semangat Dekranasda Provinsi Lampung menjadi potensi besar untuk turut meramaikan fashion di Indonesia.

“Tahun depan, kita bersama Dekranasda Provinsi Lampung akan membuat program guna mempopulerkan kerajinan yang sudah bagus-bagus ini untuk meramaikan fashion di Indonesia,” ujar Oscar.

  • Bagikan