Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Diikuti Ribuan Peserta, Pawai Obor di Lamsel Berlangsung Meriah

Diikuti Ribuan Peserta, Pawai Obor di Lamsel Berlangsung Meriah

226
BERBAGI
Bupati Zainudin Hasan menyalakaan obor pawai.

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan melepas sekaligus membuka kegiatan pawai obor (taptu) dalam rangka peringatan HUT RI, di depan Kantor Bupati Lamsel di Kalianda, Senin malam (16/8/2016). Pembukaan ditandai dengan penyalaan obor oleh Bupati Zainudin Hasan.

“Saya bangga karena generasi muda bersemangat mengikuti kegiatan ini. Saya senang sekali malam ini. Kalianda terlihat ramai. Bangga melihat anakku, para pelajar Lampung Selatan ikut andil dalam pawai obor ini,” kata Zainudin, sembari berpesan agar para peserta berhati-hati saat membawa obor.

Anggota Pramuka Lamsel bersemangat mengikuti pawai.
Anggota Pramuka Lamsel bersemangat mengikuti pawai.

Pawai obor yang diikuti ribuan peserta itu dimulai dari depan Kantor Pemkab dan berakhir di Lapangan Cipta Karya, Kalianda, Lampung Selatan dengan jarak sekitar 5 km. Selain membawa obor yang terbuat dari batang bambu dengan sumbu kain itu, para peserta yang berjalan sesuai dengan asal kelompoknya juga mengenakan atribut organisasi.

 

Masyarakat pun terlihat antusias menyaksikan pawai obor di pinggir jalan raya yang dilewati iring-iringan pawai. Terlihat pula grup drum band beraksi di antara iring-iringan peserta pawai.

Selain pelajar dan anggota Pramuka, di barisan pawai obor  itu terlihat ada tim dari Kodim 0421/Lampung Selatan, Polres Lampung Selatan, pegawai di SKPD Lamsel, dan ormas.

Bupati Lamsel melambaikan tangan ke arah peserta pawai obor.
Bupati Lamsel melambaikan tangan ke arah peserta pawai obor.

Secara rutin Pemkab Lampung Selatan menggelar pawai obor atau taptu pada malam sebelum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus.

Acara pawai obor biasanya diakhiiri dengan  renungan suci dan tabur bunga yang dilakukan oleh personil TNI dari Kodim 0421/LS di Taman Makam Pahlaw Kalianda.