Dikabarkan Kabur ke Papua Nugini, Ini Penjelasan Gubernur Papua Lukas Enembe

  • Bagikan
Gubernur Papua,Lukas Enembe. Foto: Jubi.co.id/Roy Ratumakin
Gubernur Papua,Lukas Enembe. Foto: Jubi.co.id/Roy Ratumakin

TERASLAMPUNG.COM — Pada Jumat petang (2/4/2021) tagar #PenjarakanLukasEnembe menjadi  terpopuler di Twitter. Hingga pukul 17.30 WIB, tagar tersebut menduduki peringkat pertama. Tagar itu ramai di Twitter disertai dengan unggahan gambar Gubernur Papua Lukas Enembe dan tulisan  ‘Wanted, Koruptor Dana Otsus Lukas Enembe Kabur dari Papua ke Papua Nugini untuk Menghindari Aparat Penegak Hukum”.

Benarkah Gubernur Papua Kabur? Dilansir jubi.co.id, Gubernur Lukas Enembe menjelaskan masalah kepergiannya ke Papua Nugini melalui jalur tradisional pelintas batas pada Rabu (31/3/2021) lalu. Enembe mengaku ia pergi ke Papua Nugini untuk berobat.

Kepada para wartawan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura, pada Jumat (2/4/2021), Enembe menyatakan ia terpaksa pergi ke Papua Nugini (PNG) melalui jalur tradisional pelintas batas untuk menjalani terapi saraf kaki. Ia mengakui cara itu tidak sesuai dengan aturan keimigrasian.

“Saya tahu itu salah. Akan tetapi, saya lakukan demi kesehatan, sebab orang lain tidak mau urus saya sehat,” katanya.

Menurut Enembe, setelah melintasi jalur tradisional pelintas batas, ia menumpang ojek hingga sampai ke PNG. Meskipun tiba di PNG tanpa melintasi PLBN Skouw, Enembe mengaku ia telah mengabarkan keberadaannya di PNG kepada Konsulat RI di Vanimo.

“Saya naik ojek ke sana. Hanya saja, sejak hari pertama di PNG, saya langsung menghubungi Konsul,” ujarnya.

Konsul RI di Vanimo, Allen Simarmata,  mengatakan baru mengetahui keberadaan Lukas Enembe di Vanimo, PNG, pada Kamis (1/4/2021), sehari setelah Enembe melintasi perbatasan kedua negara.

Simarmata menyatakan pihaknya telah memfasilitasi kepulangan Enembe melalui PLBN Skouw.

Sebelumnya, kabar kepergian orang nomor satu di Bumi Cenderawasih ke PNG beredar di media sosial sejak Kamis (1/4/2021).

Informasi yang beredar di media sosial itu menyatakan Enembe melakukan perjalanan ke luar negeri secara ilegal, karena tidak melewati pos resmi keimigrasian dan tidak membawa dokumen keimigrasian.

Loading...
  • Bagikan