Beranda BOLA Dikalahkan Jepang, Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos Piala Dunia U-20

Dikalahkan Jepang, Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos Piala Dunia U-20

206
BERBAGI
Bek Jepang, Higashi Shunki, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Indonesia pada laga AFC U-19 Championship di SUGBK, Jakarta, Minggu (25/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

TERASLAMPUNG.COM — Timnas Indonesia U-19 tersingkir di Piala AFC U-19. Mereka kalah 0-2 dari Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada babak perempat final Piala AFC U-19, Minggu (28/10/2018).

Babak pertama, pressing tinggi diperlihatkan pemain Jepang. Takefusa Kubo dan kawan-kawan mengurung pertahanan Timnas Indonesia U-19 yang menurunkan lima bek.

Memanfaatkan serangan balik, Garuda Nusantara hampir menjebol gawang Jepang. Pada menit kesembilan, Witan Sulaeman melepaskan tembakan dari jarak dekat. Namun, sepakannya masih membentur pemain bertahan Jepang. Bola pun bisa diamankan.

Jepang menggetarkan gawang Timnas Indonesia U-19 di menit ke-11 melalui tandukan Daiki Hashioka. Namun gol itu dianulir karena pemain bertahan Jepang tersebut sudah berada dalam posisi off side.

Lima menit setelahnya, Jepang kembali mengancam. Umpan lambung Sugawara berhasil ditanduk Hiroki Abe. Untungnya akurasi tandukan striker Jepang itu tidak menemui sasaran.

Menit ke-27, Saddil Ramdani melepaskan tembakan jarak jauh. Sayang, usahanya tidak menemui sasaran.

Semenit kemudian, Saddil mengeksekusi tendangan bebas. Eksekusi kaki kiri Saddil dari luar kotak penalti Jepang gagal disambar Syahrian Abimanyu yang dekat dengan bola.

Takefusa Kubo, yang mendapat julukan Messi dari Jepang, mengeksekusi tendangan bebas pada menit ke-35. Dia mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Garuda Nusantara. Namun, upanyanya kembali tak menemui sasaran.

Dua menit berselang, Garuda Nusantara memberikan ancaman. Sepakan kaki kiri Saddil dari dalam kotak penalti menyamping di sebelah kiri gawang Jepang.

Jepang mencetak gol pada menit ke-40. Sepakan jarak jauh Shunki Higashi meluncur deras ke gawang Garuda Nusantara. Keunggulan 1-0 Jepang atas Timnas Indonesia U-19 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Bek Jepang, Higashi Shunki, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Indonesia pada laga AFC U-19 Championship di SUGBK, Jakarta, Minggu (25/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Babak kedua, Garuda Nusantara masih kesulitan keluar dari tekanan Jepang. Namun pada menit ke-51, Lutfi Kamal mengeksekusi tendangan dari jarak jauh. Namun bola hasil sepakannya melenceng dari sasaran.

Garuda Nusantara mencoba menekan. Namun mereka serangan mereka selalu dipatahkan pemain bertahan Jepang.

Muhammad Riyandi melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-57. Dia menepis sepakan jarak dekat gelandang Jepang, Kota Yamada.

Peluang emas Indonesia untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-65. Saddil melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti Jepang. Tinggal menghadapi kiper Jepang, Kosei Tani, Witan Sulaeman gagal mengontrol bola dengan baik. Bola pun diamankan oleh Kosei Tani.

Saddil mengeksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Jepang pada menit ke-68. Namun, bola masih bisa ditepis Kosei Tani.

Dua menit setelahnya, Jepang mencetak gol kedua. Sepakan mendatar Taisei Miyashiro berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia U-19.

Menit ke-77, Rivaldo Ferre mencoba memberikan tekanan. Dia menyepak bola dari depan kotak penalti Jepang. Namun, Kosei Tani dapat menangkap bola dengan mudah.

Di menit ke-87, Kubo mengeksekusi tendangan bebas di kotak penalti Garuda Nusantara. Untungnya, pemain yang pernah mendapat ilmu di akademi La Masia itu tidak menemui sasaran. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Jepang.Hasil ini membuat timnas gagal lolos ke Piala Dunia U-20 2019.

liputan6.com

Loading...