Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Dikucuri DAK Rp47 Miliar, 9 Jalan di Lampung Utara akan Diperbaiki Tahun...

Dikucuri DAK Rp47 Miliar, 9 Jalan di Lampung Utara akan Diperbaiki Tahun Ini

646
BERBAGI
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana

‎Feaby Handana |Teraslampung.com

Kotabumi–Puluhan miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 yang dikelola oleh Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara akan dialokasikan untuk perbaikan sejumlah jalan.

Bidang Bina Marga di DPUPR mendapat porsi anggaran terbesar, yakni Rp31 Miliar dari total Rp49 Miliar DAK yang diterima oleh DPUPR tahun 2020.

“Sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan oleh pejabat sebelumnya, ada sembilan jalan yang akan diperbaiki dengan DAK tahun 2020,” terang Kepala Bidang Bina Marga DPUR, Kamsuhardi mewakili pimpinannya, Syahrizal Adhar, Senin (27/1/2020).

‎Menurut Kamsuhardi, sembilan jalan yang akan diperbaiki itu tersebar di sejumlah kecamatan. Jalan – jalan itu yakni, Jalan Gunungbesar – Subik, Pancasila – KBA, Talangbojong – Pardasuka, Margorejo – Wonokitri, Sinarogan – Jerangkang, KBA – Kotaagung, Surakarta – Kampungbaru-Sumberagung, BumiRaharja – BTS Tulangbawang Barat, Bumiratu – Sriagung,

“Sementara ini, sembilan jalan itu yang telah diprogramkan untuk diperbaiki,” tuturnya.

Ia menjelaskan, tingkat kerusakan dari kesembilan unit jalan itu bervariasi. Ada yang rusak ringan, sedang, dan ada juga yang rusak berat seperti Jalan yang menghubungkan Gunungbesar dan Subik.

“Jenis pekerjaanya ialah pemeliharaan dan peningkatan,” kata dia.

Sementara untuk Bidang Sumber Daya Alam yang kebetulan juga dijabatnya dengan status pelaksana tugas, Kamsuhardi mengatakan, DAK SDA akan dikonsentrasikan untuk merehabilitasi saluran irigasi.

“Total DAK yang dikelola oleh Bidang SDA hanya Rp1,8 Miliar,” ‎‎urainya.

Sebelumnya, ‎perbaikan jalan atau jembatan menjadi fokus utama dari DPUPR Lampung Utara tahun 2020. Anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan jalan atau jembatan mencapai sekitar Rp31 Miliar pada tahun ini.

“Dari total Rp49 Miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) PUPR tahun 2020, Rp31 Miliarnya dialokasikan ‎untuk bidang bina marga,” papar Kepala Dinas PUPR, Syahrizal Adhar.

Syahrizal menjelaskan, bidang bina marga memang menjadi yang pengelola anggaran terbesar sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Bidang inilah yang bertugas memperbaiki sarana infrastruktur jalan dan jembatan.

“‎Rp18 Miliar sisanya akan didistribusikan untuk bidang cipta karya dan bidang sumber daya alam,” tuturnya.

Berdasarkan data Teraslampung.com, banyak ruas jalan di Kabupaten Lampung Utara yang rusak parah. Kerusakan jalan tersebut membuat aktivitas warga terganggu.

Loading...