Beranda News Nasional Dilantik Bersama 7 Kapolda Lainnya, Brigjen Edwarsyah Pernong Resmi Jabat Kapolda Lampung

Dilantik Bersama 7 Kapolda Lainnya, Brigjen Edwarsyah Pernong Resmi Jabat Kapolda Lampung

189
BERBAGI
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melantik delapan Kapolda di Indonesia, termasuk Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong, di Mabes Polri, Jakoarta, Jumat (12/6/2015). Selain 8 Kapolda, beberapa pejabat tinggi Polri juga turut dilantik Kapolri. (Foto: detik.com)

JAKARTA, Teraslampung.com — Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melantik Brigjen Edward Syah Pernong sebagai Kapolda Lampung, di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (12/6/2016). Selain para Kapolda, ‎Asistem SDM Kapolri, Asisten Operasi Kapolri, Kadiv Hukum Polri dan Kadiv TI Polri‎ juga dilantik pada kesempatan yang sama.

Selain Kapolda Lampung, tujuh Kapolda yang juga dilantik adalah  Kapolda Jabar, Kapolda Jambi, Kapolda Kalteng, Kapolda Maluku Utara, Kapolda Kalsel, Kapolda NTB, dan Kapolda Metro Jaya.

Dalam sambutannya, Kapolri berharap para Kapolda dan pejabat Polri yang baru dilantik bisa bekerja profesional dan selalu solid.

“Sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu saat fit and proper test, tingkatkan soliditas, profesionalitas, membangun integritas dengan masyarakat,” kata Badrodin, Jumat (12/6/2015).

Badrodin meminta agar para Kapolda menjamin rasa keamanan masyarakat di lingkungannya. “Tingkatkan upaya pengamanan terhadap berbagai komunitas, termasuk industri dan kelompok-kelompok rentan lainnya,” sambung dia.

Kasubag humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsing mengatakan, dalam serah terima jabatan (sertijab) Kapolda yang baru, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti berpesan kepada Kapolda yang baru saja dilantik agar meningkatkan kinerjaya dan bertanggungjawab atas tugas-tugasnya dan mampu mengemban amanah dengan baik.

Selain itu juga, harus memahami program prioritas guna mewujudkan Polri yang sempurna, meski pada setiap daerah memiliki permasalahan yang berbeda.

“Program yang sudah menjadi prioritas harus segera diimplementasikan, terutama mengevaluasi program-program 100 hari yang dalam waktu dekat akan segera dilaporkan,”kata Sulis melalui ponselnya kepada Teraslampung.com, Jumat (12/6).

Setelah dilaksanakan sertijab di Mabes Polri tadi, menurut Sulis, rencananya Polda Lampung akan melaksanakan acara pisah sambut di Balai Keratun, pada Sabtu (13/6).

Delapan Kapolda yang baru saja dilantik iti adalah;

1. Brigjen Edward Syah Pernong yang sebelumnya menjabat Karorenmin Bareskrim Polri diangkat menjadi Kapolda Lampung.‎

2. Irjen Mochgiyarto yang sebelumnya Kadivkum Polri diangkat menjadi Kapolda Jawa Barat.

3. Brigjen Luthfi Lubihanto yang sebelumnya Pati SSDM Polri diangkat menjadi Kapolda Jambi.‎
4. Brigjen Fakhrizal yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divpropam Polri diangkat menjadi Kapolda Kalimantan Tengah.

5. Brigjen Agung Budi Maryoto yang sebelumnya menjabat Karodalapos Sops Polri diangkat menjadi Kapolda Kalimantan Selatan.

6. Brigjen Imam Budi Supeno yang sebelumnya Dirpolair Baharkam Polri diangkat menjadi Kapolda Maluku Utara.

7. Brigjen Umar Septono yang sebelumnya menjabat Karobinops Sops Polri diangkat menjadi Kapolda NTB.

8. Irjen Tito Karnavian yang sebelumnya menjabat Asrena Kapolri kini diangkat sebagai Kapolda Metro Jaya.‎

Dalam wawancara dengan wartawan usai pelantikan Pati Polri, Jenderal Badrodin menyebut adanya kenaikan anggaran pada tahun 2016 dari Rp57 triliun menjadi Rp62 triliun

“Banyak hal yang harus kita lakukan, terutama anggaran terhadap Gakkum (penegakan hukum). Selama ini penyelidikan dan penyidikan masih 30 persen dari kebutuhan. Itu harus kita tingkatkan secara bertahap, nggak bisa sekaligus, tapi paling tidak, ada peningkatan,” tutur Badrodin.


Zainal Asikin/Bambang Satriaji
Loading...