Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Dilantik sebagai Bupati Lampura Besok, Budi Utomo Terima Karangan Bunga dari AIM

Dilantik sebagai Bupati Lampura Besok, Budi Utomo Terima Karangan Bunga dari AIM

110
BERBAGI
Papan karangan bunga ucapan selamat dari Agung Ilmu Mangkunegara untuk Budi Utomo terpajang di halaman rumah dinas Bupati Lampung Utara, Senin (2/11/2020).
Papan karangan bunga ucapan selamat dari Agung Ilmu Mangkunegara untuk Budi Utomo terpajang di halaman rumah dinas Bupati Lampung Utara, Senin (2/11/2020).

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi– Budi Utomo rencananya akan dilantik sebagai Bupati Lampung Utara menggantikan Agung Ilmu Mangkunegara (AIM) pada Selasa, 3 November 2020. Menjelang pelantikan Budi Utomo, puluhan karangan bunga ucapan selamat kepada Budi Utomo mulai menghiasi halaman rumah jabatan Bupati Lampung Utara.‎

Dari puluhan karangan itu yang terpantau sampai Senin siang (2/11/2020), ada  sebuah karangan bunga yang paling ‘mencolok’ dan menarik mata. Karangan bunga dari itu dari Agung Ilmu Mangkunegara.

Papan karangan bunga yang pada bagian bawahnya tertulis nama “Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP” dengan huruf mencolok itu terpasang persis di depan gedung penunggu tamu. Setiap tamu atau pengunjung rumah dinas Bupati Lampung Utara otomatis melihat karangan itu karena letaknya yang strategis.

Karangan bunga itu berasal dari mantan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara. Di dekatnya ada juga kiriman karengan bunga dari Tamanuri, anggota DPR RI yang tak lain adalah ayah Agung Ilmu Mangkunegara (AIM).

Dilihat dari bentuk dan ukurannya, karangan bunga AIM sama dengan karangan bunga pada umumnya. Namun, yang paling menarik dari karangan bunga itu adanya tulisan ‘semoga istiqomah’. Tulisan itu terletak di bagian pojok kanan di antara nama Budi Utomo dan nama AIM.

Meskipun terlihat sepele, namun tulisan itu menyiratkan pesan yang mendalam kepada Budi Utomo. Hal ini dikarenakan arti di balik kata Istiqomah tersebut.‎ Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istiqomah ‎memiliki arti teguh pendirian dan konsekuen.

Melalui tulisan itu, AIM seakan ingin memberi pesan secara tegas pada Budi Utomo untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti yang dilakukannya. Kala itu, AIM dicokok KPK karena tersangkut perkara korupsi. ‎Padahal, baru sekitar tujuh bulan, AIM dan Budi mengecap indahnya kemenangan dalam Pilkada 2018 silam.

‎Godaan ‘fee’ proyek mungkin termasuk salah satu utama yang ingin diingatkan oleh AIM kepada Budi Utomo. Sebab, kebanyakan kepala daerah lainnya termasuk AIM sendiri tak mampu menghindari ‘manisnya’ perputaran uang haram itu tiap tahunnya.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dijadwalkan melantik Budi Utomo sebagai Bupati Lampung Utara pada 3 November. Lokasi pelantikan berlangsung di Balai keratun Pemerintah Provinsi Lampung.