Dimutasi, Inilah Tanggapan Kapolda Lampung Irjen Suroso Hadi Siswoyo

Kapolda Lampung Irjen Suroso Hadi Siswoyo
Kapolda Lampung Irjen Suroso Hadi Siswoyo
Bagikan/Suka/Tweet:

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Kapolda Lampung, Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo saat dikonfirmasi melalui ponselnya, membenarkan adanya pergantian Perwira tinggi ditingkat pimpinan di tubuh institusi Polri. Kapolda juga membenarkan bahwa dirinya merupakan salah satu pejabat yang dimutasi.

“Ya benar TR rotasi jabatan tersebut, Mabes Polri melakukan penyegaran organisasi,”ujarnya kepada teraslampung.com, Jumat (5/1/2018) malam.

Dikatakannya, pergantian atau mutasi jabatan di tubuh Polri ini merupakan hal yang biasa dan wajar. Selain itu juga, pergantian ini tidak ada kaitannya dengan momen Pilkada serentak yang akan digelar di 17 Provinsi di Indonesia khususnya Provinsi Lampung.

“Pergantian ini hal biasa, keputusan pimpinan (Kapolri) harus dipatuhi bagi setiap anggota Polri. Mau ditempatkan dimana saja, saya selalu siap menjalankannya,”ungkapnya.

Jenderal bintang dua ini juga berharap, tongkat pimpinan Kapolda Lampung yang selanjutnya akan dijabat Irjen Pol Suntana, dapat melanjutkan program-program yang sudah ada dan dapat bersinergi dengan kebijakan sebelumnya seperti pencanangan kampung narkoba, deradikalisasi unsur pemerintah dan penuntasan kasus C3 (curat, curas dan curanmor).

Yang menjadi titik fokus utama, kata Kapolda Lampung, yakni mengenai pengamanan pesta demokrasi (Pilkada), dimana Jumat tadi pagi sudah dilakukan apel gelar pasukan. Mudah-mudahan dibawah pimpinan Kapolda Lampung yang baru, dapat terealisasikan.

“Pengaman Pilkada ini sangat penting, tadi pagi sudah saya briefing bersama Waka Polda dan Polres Jajaran agar rencana yang telah disusun dapat diimplementasikan demi situasi Pilkada yang aman, lancar dan situasi Kamtibmas yang kondusif. Mudah-mudahan dibawah pimpinan Kapolda Lampung yang baru, dapat direalisasi,”harapnya.

Mantan Dirintelkam Polda Lampung ini juga menambahkan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggotanya di Jajaran Polres/ta, instansi terkait lainnya, masyarakat Lampung dan rekan-rekan jurnalis atas kerjasamanya dan membantu dirinya saat memimpin di Mapolda Lampung.

Diketahui, dari ratusan perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (pamen) yang dimutasi, salahsatunya adalah posisi Kapolda Lampung.

Jabatan Kapolda Lampung akan digantikan oleh Irjen Pol Suntana yang sebelumnya menjabat Pati Baintelkam Polri (penugasan BIN). Selanjutnya Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Selain Kapolda Lampung, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung, Kombes Pol Heri Sumarji dimutasi ke jabatan yang baru dan posisinya digantikan AKBP Boby P Marpaung yang sebelumnya menjabat Waka Polresta Bandarlampung.

Selanjutnya jabatan Waka Polresta BBandarlaampung, akan digantikan oleh AKBPwanto Puji Sutan yang sebelumnya menjabat Kapolres Lampung Tengah. Sedangkan jabatan Kapolres Lampung Tengah, akan diisi oleh AKBP Slamet Wahyudi yang sebelumnya menjabat Kapolres Sabang.

Mutasi jabatan tersebut, berdasarkan tiga Surat Telegram Rahasia (STR) No. ST/15, 16, 17/I/2018 yang dikeluarkan Mabes Polri tertanggal 5 Januari 2018 dan ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto.