Dinas Dikbud Lampung Utara Kembali Tunda KBM Tatap Muka

  • Bagikan
Siswa Sekolah Dasar (SDN) di Kabupaten Lebak, belajar di rumah guru setelah pembelajaran sistem daring secara online tidak efektif. Foto: Tempo.co
Siswa Sekolah Dasar (SDN) di Kabupaten Lebak, belajar di rumah guru setelah pembelajaran sistem daring secara online tidak efektif. Foto: Tempo.co

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Lantaran laju penyebaran virus Corona 2019 masih tidak terkendali, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara terpaksa menunda sementara rencana kegiagan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Penundaan ini hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Setelah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, dan Asisten I, rencana sekolah tatap muka terpaksa ditunda dulu sementara,” kata Kepala Disdikbud Lampung Utara, Matsoleh, Minggu (31/1/2021).

Keputusan yang diambil ini semata – mata untuk kebaikan semua pihak. Alasannya, penyebaran virus Corona 2019 sampai saat ini masih belum terkendali di Lampung Utara. ‎Hal itu dibuktikan dengan tingginya jumlah kasus yang ditemukan belakangan ini.

“Penyebaran Covid-19 Lampung Utara masih belum terkendali. Jadi, demi kebaikan bersama, kami ambil keputusan seperti itu,” jelas dia.

Sejatinya, hampir sebagian sekolah di Lampung Utara telah siap melaksanakan sekolah seperti biasanya. Persyaratan untuk melakukan hal itu telah mereka penuhi.

Pelbagai persyaratan itu di antaranya prosedur standar operasional mulai dari siswa berangkat dan pulang sekolah, sarana dan prasarana dari daftar periksa (toilet bersih, cuci tangan pakai sabun, dan desinfektan).

“Hasil verifikasi kami di pelbagai sekolah menunjukan kebanyakan sekolah telah siap untuk PTM,” urainya.

Matsoleh menyebutkan, pihaknya akan terus mengikuti perkembangan mengenai kasus Covid-19. Tujuannya, untuk menentukan apakah PTM dapat dilaksanakan atau kembali ditunda.

“Harapannya, kasus Covid-19 dapat segera berkurang sehingga PTM dapat dilaksanakan,” kata dia.

  • Bagikan