Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Dinas Kependudukan Lampung Utara Tertutup Soal Dana Bantuan KB

Dinas Kependudukan Lampung Utara Tertutup Soal Dana Bantuan KB

546
BERBAGI

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Lampung Utara terkesan tertutup seputar pengelolaan dana Bantuan ‎Operasional Keluarga Berencana tahun 2018 dan 2019 silam.

Indikasi tertutup ini didapat usai wartawan Teraslampung.com dan Lampungtoday.com mempertanyakan ihwal ini kepada Sekretaris Dinas, Fivi Selvia di kantornya, Selasa (9/3/2020). Yang bersangkutan terlihat enggan menjelaskan seputar pengelolaan BOKB tersebut.

“Saya minta maaf karena enggak bisa beri keterangan karena saya masuk ke sini sekitar akhir bulan Desember 2019 lalu. Jadi, belum begitu mengetahui pengelolaan dana (BOKB) itu,” kata Fivi.

Menariknya, meski mengaku tidak tahu secara detil pengelolaan dana BOKB, namun Fivi membenarkan jika besaran dana BOKB Lampung Utara untuk kedua tahun itu mencapai Rp12 Miliar.

“Ya, sekitar itulah. Tahun 2018 Rp6 Miliar, dan tahun 2019 juga Rp6 Miliar. Tahun ini pun jumlahnya Rp6 Miliar,” urainya.

Fivi juga mengaku tidak dapat memastikan kebenaran kabar yang beredar mengenai adanya dugaa pemotongan BOKB yang disalurkan kepada pelbagai balai penyuluhan KB.

“Setahu saya tidak ada, tapi enggak tahu juga karena saya baru di sini,” kata dia.

Tiap tahunnya, Pemerintah Pusat menggelontorkan dana BOKB ke pelbagai daerah di Indonesia termasuk Lampung Utara. Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) bertujuan untuk membantu pemerintah kabupaten dan kota dalam melaksanakan kegiatan yang telah ditetapkan guna memberikan dukungan terhadap upaya pencapaian target/sasaran prioritas pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Loading...