Dinas Kominfo Susun “Master Plan” TIK Provinsi Lampung

  • Bagikan
Seminar penyusnan Master Plan TIK Provinsi Lampung, Selasa (14/10). Foto: Teraslampung.com

Bandarlampung, Teraslampung.com--Guna meningkatkan kinerja pemerintah khususnya Pemprov Lampung untuk bekerja secara terkoordinasi dan terintergrasi dengan dukungan sistem dan prosedur standar, Pemprov Lampung melalui Dinas Komunikasi dan Informasi menyusun  master plan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) .

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi  Provinsi  Lampung, Rifki Wiryawan,  maksud dibuatnya master plan TIK untuk menyusun sebuah perencanaan strategis  pemanfaatan teknologi informasi yang bersifat menyeluruh dan terpadu. Master plan TIK akan menjadi kerangka pikir, cetak biru pengembangan TIK, serta pengembangan dan implementasi TIK di Provinsi Lampung.

Master plan juga dibuat dengan tujuan mewujudkan prinsip pemerintah daerah yang bersih,  transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.Juga diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan TIK di tingkat kabupaten/kota,” kata Rifki..

Untuk menyusun master plan TIK Provinsi Lampung, kata Rifki, dilakukan pembahasan dan diskusi. Acara di gelar di  Novotel , Selasa (15 /10). Diikuti oleh 52 Satker di provinsi Lampung dan 14 kabupaten/kota se-Lampung.

Dengan adanya master plan TIK, kata Rifki, kata Rifki, arah pembangunan dan pengembangan TIK di Provinsi Lampung menjadi lebih terarah, sinergis, terintegritas dan konprehenshif.

“Otonomi daerah, bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Dengan demikian, stigma masyarakat birokrasi yang terkesan berbelit-belit, lambat, dan tidak transparan harus dirubah/dihilangkan menjadi pelayanan yang terbaik, mudah, murah, cepat, dan transparan. Karenanya, salah satu upaya yang ditempuh oleh Pemerintah Provinsi Lampung, adalah dengan jalan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang dapat memberikan peluang untuk kemudahan, kecepatan, dan transparansi,” kata dia.

Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung, telah meningkatkan daya dukung TIK, guna memperluas akses masyarakat terhadap informasi pembangunan daerah. Alhamdulillah, sejak tahun 2010 telah menunjukan hasil yang cukup baik, yaitu telah dibangun infrastruktur jaringan serta sarana dan prasarana pemberdayaan TIK ditengah masyarakat.

Mas Alina Arifin

  • Bagikan