Beranda Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampura Gelar Festival Seni Kotabumi

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampura Gelar Festival Seni Kotabumi

649
BERBAGI
Sejumlah peserta unjuk kemampuan dalam Festival Seni Kotabumi 2018
Sejumlah peserta unjuk kemampuan dalam Festival Seni Kotabumi 2018

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Untuk terus memajukan dan melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah‎, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara (Dindikbud Lampura) menggelar Festival Seni Kotabumi (Kotabumi Art Festival) di Gedung Serba Guna Islamic Center, Kotabumi, Rabu (28/3/2018).

“Festival seni ini sengaja diadakan sebagai salah satu langkah untuk mendukung dan memajukan serta melestarikan kesenian dan kebudayaan ‎daerah,” terang Kepala Disdikbud Lampura, Suwandi.

Menurut Suwandi, pengembangan dan pelestarian kesenian dan kebudayaan termasuk salah satu fokus utama instansinya. Jika terus dijaga dan dilestarikan maka para generasi muda yang akan datang dapat lebih mengenal dan mencintai kebudayaannya sendiri ketimbang kebudayaan asing.

“Disdikbud berkomitmen penuh untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian dan Kebudayaan supaya dapat menjadi warisan bagi para generasi muda,” jelasnya.

Pengembangan dan pelestarian kesenian dan kebudayaan ini diwujudkan dalam bentuk pembinaan yang dilakukan secara terus – menerus kepada para pelaku budaya dan kesenian dan juga para pelajar.

“Semoga festival ini akan membuat para generasi muda lebih mencintai kebudayaan sendiri daripada kebudayaan asing,” harapnya.

Di sisi lain, ‎Ketua Pelaksana Kegiatan Nani Rahayu menuturkan, kegiatan yang mereka laksanakan ini tujuannya tak lain untuk menjadi wadah bagi para pelaku seni dan budaya untuk mengekspresikan bakat dan kemampuannya dalam olah seni.

‎”Kegiatan ini juga menjadi alat untuk mempromosikan kebudayaan yang dimiliki oleh kabupaten yang kita cintai ini,” jelas dia.

Adapun peserta kegiatan sendiri berasal dari sanggar seni di Lampura, Gardance Story Bandar Lampung, Rumah Tari Sengishu Lampung, Sekeli Etrich Percussion Lampung. Kemudian Ayu Permata Dance Company Yogyakarta yang didirikan oleh seniman asal Lampura.

“Pesertanya bukan hanya dari Lampung saja, tapi ada yang dari Yogyakarta,” katanya.

Loading...