Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Dinas Pendidikan Lampung Selatan Gelar Lomba Drumband Tingkat Pelajar

Dinas Pendidikan Lampung Selatan Gelar Lomba Drumband Tingkat Pelajar

369
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com


KALIANDA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampung Selatan menggelar lomba drumband tingkat pelajar terbuka se-Kabupaten Lamsel, di Lapangan Korpri, Pemkab Lamsel, Selasa (26/8).
 
Lomba kreativitas pelajar di bidang seni musik tersebut dihelat oleh Disdik Lamsel melalui Bidang Pendidikan Noonformal dan Informal (PNFI) untuk rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lamsel ke-58 yang jatuh pada Bulan November 2014 mendatang.
 
Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP dalam sambutannya mengatakan, lomba drumband tingkat pelajar ini dapat dijadikan sebagai penerapan kedisiplinan kepada para peserta didik mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Karena menurutnya, dalam bermain musik drumband, masing-masing siswa dituntut untuk saling kompak, baik itu dalam hal irama, tempo, maupun gerak.
 
 Menurut Rycko bermain musik drumband ini bisa memupuk rasa disiplin dan solidaritas antarteman. “Karena yang dibutuhkan adalah sebuah kekompakn yang dipadukan ke dalam sebuah lagu dan gerak,” ujar Rycko.
 
Rycko berharap kegiatan serupa  bisa terus diselenggarakan tiap tahun agar bisa melahirkan  kelompok drumband yang lebih baik dan bisa mengharumkan nama Lamsel.
 
“Lomba drumband ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab  melalui Dinas Pendidikan, agar program kegiatan dibidang pendidikan nonformal bisa terus meningkat,” kata dia,
 
Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Burhanuddin, mengatakan selain untuk memperingati HUT Kabupaten Lamsel, pelaksanaan lomba drumband antar pelajar ini juga, memiliki tujuan untuk menjalin silaturahmi antar pelajar dan para guru dimasing-masing sekolah.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Dinas Pendidikan untuk  menyeleksi grup-grup drumband di Lamsel. Bagi peserta yang berhasil meraih juara, nantinya akan kami ikut sertakan dalam lomba drumband baik ditingkat Provinsi maupun Nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PNFI Disdik Lamsel, Syamsiah, mengatakan  lomba drumband antarpelajar ini diikuti oleh 23 tim sekolah yang ada di Kabupaten Lamsel. Perinciannya: 13 grup drumband tingkat SD, 6 grup drumband tingkat SMP, dan 4 grup drumband tingkat  SMA/SMK.
 
“Kegiatan lomba drumband tingkat pelajar terbuka ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan bidang PNFI. Bagi pemenangnya, nanti akan diberikan hadiah berupa uang tunai. Seperti Juara I mendapatkan hadiah Rp2.250.000, juara II Rp1.500.000 dan juara III Rp1.000.000,” kata Syamsiah.

Loading...