Dinas Pendidikan Way Kanan Gelar Workshop Pembuatan Bahan Ajar bagi Para Guru SMP

  • Bagikan
Workshop pembuatan bahan ajar bagi para guru SMP Kabupaten Way Kanan, Sabtu (28/2/2015).
Workshop pembuatan bahan ajar bagi para guru SMP Kabupaten Way Kanan, Sabtu (28/2/2015).

Teraslampung.com–Puluhan guru SMP di Way Kanan mengikuti Workshop Pembuatan Bahan Ajar bagi jenjang guru SMP di Aula SMPN 1 Baradatu Kabupaten Waykanan, Sabtu (28/2/2015). Acara yang berlangsung selama satu hari diikuti oleh para  guru mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Waykanan, Sugiharto Pandu, usai membuka acara mengatakan peningkatan kualitas guru menjadi  sangat urgen dalam dunia pendidikan, Menurut Pandu, guru menjadi kunci utama bagi keberhasilan sebuah pendidikan.

“Pendidikan pada sebuah negara itu bisa maju jika didukung dengan tenaga pengajar atau guru yang berkualitas dan profesional. Sejarah telah membuktikan urgensi dan sentralitas guru dalam keberhasilan pendidikan,” jelas pria yang juga Ketua PGRI Waykanan.

Setiap sekolah tingkat SMP yang diundang workhsop wajib mengirimkan guru yang mengajar mata pelajaran tersebut. Pelatihan yang di laksanakan pada kali ini mungkin agak berbeda dan ada sesuatu yang baru dan lebih menarik dalam peningkatan mutu guru dalam mengolah baha ajar yang lebih menarik.

Pelatihan ini di rancang untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengolah bahan ajar. Hal itu i sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih seiring dengan perkembangan jaman. Perkembangan para peserta didik dalam mengikuti perkembangan teknologi ini juga sangat cepat.

Ketersediaan bahan materi yang saat ini bisa diakses dari teknologi yang mudah didapat dan guru dapat memanfaatkan dalam materi pembelajaran yang diampunya entah mengunakan dalam bentuk materi ajar menggunakan powerpoint yang dirancang sedemikian rupa supaya bisa menarik minat belajar para siswa.

Diharapkan setelah mengikuti workshop  seluruh peserta dapat menguasai teknik dasar pembuatan bahan ajar  agar nanti dapat di kembangakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan setiap guru.

“Hal ini tentunya akan membuat guru tersebut semakin profesional dalam tugasnya sebagai pendidik,” katanya.

Sementara Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Way Kanan, Pawit Abimaba, menagatakan pendidikan yang berhasil adalah manakala pendidikan itu mampu mengentaskan dan membebaskan para peserta didiknya dari belenggu kebodohan.

“Salah satu faktor dan elemen penting guna menunjang keberhasilan cita-cita pendidikan tersebut adalah peran guru yang berkualitas. Guru yang berkualitas dan profesional adalah guru yang berhasil membebaskan para peserta didiknya dari belenggu kebodohan. Oleh karenanya, guru menjadi sosok sentral dalam dunia pendidikan,” katanya.

Dalam pelatihan ini setiap guru harus bisa membuat satu bahan ajar sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan sesuai dengan silabus. Silabus itu  dapat dijadikan  modul atau diktat bahkan menjadi acuan bagi guru mata pelajaran jenjang SMP sebagai materi pembelajaran.

Aan Frimadona Rosa

  • Bagikan