Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Dinas Peternakan Lamsel tidak Tahu Kapan Kartu Ternak Direalisasikan

Dinas Peternakan Lamsel tidak Tahu Kapan Kartu Ternak Direalisasikan

205
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraspampung.com 

Jokowi (saat itu masih capres) didampingi Sjachroedin ZP dna Bupati Lamsel Rycko Menoza meninjau peternakan sapi milik PT JJAA di Lampung Selatan, 23 April  2014 lalu.

KALIANDA – Dinas Peternakan (Disnak) Lampung Selatan hingga saat ini belum mengetahui kapan program Kartu Ternak akan di realisasikan di Lampung Selatan.

Pasalnya, sampai saat ini dinas yang membidangi masalah peternakan di kabupaten serambi pulau sumatera ini belum mendapatkan arahan dan petunjuk dari Disnak Provinsi Lampung, terkait realisasi kartu ternak bagi petani ternak sapi yang ada di Lampung Selatan.

“Kami belum mengetahui secara pasti kapan program kartu ternak akan direalisasikan. Sebab, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi dari Disnak Provinsi,” ujar Kadisnak Lamsel Ir. Cecep Khairuddin, kepada Teraslampung.com, saat ditemui di sela-sela menunggu acara rapat pembahasan LKPJ di gedung DPRD Lamsel, Selasa (9/6).

Menurut Cecep, meski Disnak Provinsi belum memberikan informasi tentang kelanjutan program kartu ternak tersebut, namun pihaknya dalam waktu ini akan mulai mensosialisasikan program tersebut kepada para petani ternak di Lampung Selatan.

“Kami rencanakan pada Hari Kamis (11/6), akan  melakukan sosialisasi tentang kartu ternak tersebut,” terangnya.

Cecep menjelaskan, untuk Lampung Selatan direncanakan akan mendapatkan sekitar seratus ribu kartu ternak yang siap dibagikan kepada para petani ternak sapi.

“Anggaran kartu ternak tersebut dibiayai oleh APBN tahun 2015. Sementara Disnak Lamsel hanya selaku pelaksananya saja,” jelasnya.

Diketahui, kartu ternak merupakan tanda identitas untuk hewan ternak sapi. Dimana dalam kartu ternak tersebut, akan tercantum nomor registrasi, nama pemilik, alamat dan ciri-ciri khusus ternak.

Tujuan dari program penerapan kartu ternak ini adalah untuk memperoleh data ternak sapi dan kerbau yang akurat, mengetahui jumlah rumah tangga peternak, menertibkan administrasi kepemilikan ternak dan meningkatkan pengawasan mutasi ternak.

Sedangkan, manfaat dari kartu ternak adalah sebagai bukti sah kepemilikan ternak, sebagai dokumen penting untuk mutasi ternak, memudahkan pelayanan kesehatan hewan, vaksinasi pelayanan reproduksi atau Inseminasi Buatan, mengefektifkan penelusuran jaminan keamanan pangan dari aspek zoonosis dan residu.

Loading...