Dinas PPKB Lampung Utara Pesismistis Bantuan Operasional KB Terserap 100 Persen

Ilustrasi uang/Ist
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana‎ (PPKB) Lampung Utara pesimistis Bantuan Operasional Keluarga Bencana tahun 2021 dapat terserap seratus persen. Penyebabnya, lelang paket yang bersumber dari BOKB gagal mendapatkan pemenang.

“Sepertinya, serapannya tidak akan sampai ‎100 persen. Serapannya sekarang baru tujuh puluh persen,” kata Kepala BPKB Lampung Utara, Muzairin Daud, Rabu (1/12/2021).

Keyakinannya ini dilatarbelakangi oleh kegagalan mendapatkan pemenang lelang paket yang bersumber dari BOKB. Meski telah dilelang, namun sama sekali tidak ada calon peserta yang berminat untuk mengikutinya.

“Sudah dilelang, tapi enggak ada yang nawar,” jelasnya.

Adapun mengenai total BOKB yang akan didapat pada tahun 2022 mendatang, ia mengatakan, totalnya mencapai Rp‎6.906.524.000,00. Selain mendapatkan Dana Alokasi Khusus non fisik, mereka juga mendapat DAK fisik untuk tahun depan.

“DAK fisiknya sebesar Rp372.400.000,00,” terangnya.

Sebelumnya, pada medio Agustus lalu, serapan BOKB Lampung Utara masih berada di kisaran angka 18 hingga 30 persen. Rendahnya serapan itu ‎dikarenakan anggaran yang diterima dari Pemerintah Pusat baru sebesar itu.

BOKB ini sendiri digunakan untuk pelbagai kegiatan di antaranya seperti penyuluhan, pertemuan kelompok kerja di kecamatan. Anggaran kegiatan itu disalurkan langsung pada kecamatan atau UPTD. Di samping pemberian secara langsung, ada juga uang yang dikirimkan melalui rekening. Pengiriman melalui rekening untuk pihak ketiga‎ dan jasa medis. Besaran BOKB yang diterima oleh masing – masing UPTD nilainya hampir sama.