Beranda News Pusiban Dinas PPPA Lampung Sosialisasikan Pencegahan Pernikahan Dini

Dinas PPPA Lampung Sosialisasikan Pencegahan Pernikahan Dini

10
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung melakikan sosialisasi pencegahan pernikahan dini di MAN 2 Bandarlampung, Selasa, 10 September 2019.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Bayana, mengatakan kegiatan ini dengan sasaran para siswa tingkat  SMA agar mereka dapat memahami dampak buruk pernikahan dini.

“Pernikahan dini tidak  hanya bisa menyebabkan putus sekolah, tetapi juga bisa menyebabkan kekerasan pada perempuan dan anak. Saya road show tiap ada kesempatan ke sekolah untuk memberikan pemahaman bahwa pernikahan dini ini berdampak buruk. Ketika seseorang hamil dan bersalin pada usia muda, alat reproduksi belum siap berisiko pd kematian ibu dan anak tinggi,” kata Bayana.

Menurut Bayana, masih banyak dampak yang merugikan jika pernikahan dini ini dibiarkan terjadi. Misalnya pelaku bisa memiliki peluang bekerja terbatas dengan upah murah, perekonomian memburuk, serta kekerasan dalam rumah tangga.

“Pernikahan dini menyebabkan tingkat risiko perceraian juga meningkat karena pelaku pernikahan dini usianya belum matang ada persoalan rumah tangga sedikit saja bisa goyah,” kata Bayana.

Loading...