Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Dinkes Instruksikan Semua Kecamatan di Bandarlampung Lakukan “Fogging”

Dinkes Instruksikan Semua Kecamatan di Bandarlampung Lakukan “Fogging”

2125
BERBAGI
Kadinkes Bandarlampung, Edwin Rusli

TERASLAMPUNGF.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung melakukan aksi cepat tanggap dengan menginstruksikan kepada 30 Puskesmas di wilayah kota Bandar Lampung untuk melakukan pengasapan (fogging) massal di seluruh wilayah Bandarlampung.

“Pengasapan perlu dilakukan untuk menekan penyebaran penyakit demam berdarah dangue (DBD),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, di Bandar Lampung, Senin (28/1/2019).

Kepala Dinas Kesehatan kota Bandar Lampung Dr. Edwin Rusli mengungkapkan bahwa sejak hari ini pihaknya melakukan fogging massal.

“Terhitung mulai hari ini kita laksanakan fogging massal. Kita mengumpulkan seluruh kepala Puskesmas dan semua pemegang program”. Ungkap Edwin Rusli, usai memimpin apel di lingkungan kantor Dinkes Bandar Lampung.

Menurutnya fogging massal dilakukan karena ada kenaikan kasus penyakit DBD di Bandar Lampung yang meningkat signifikan dari bulan Januari 2019 sebanyak 38 kasus positif DBD.

“Ini mengkhawatirkan kita, maka tidak bisa kita diamkan. Tapi dari kasus tersebut tidak ada yang tidak tertangani. Jadi semua tertangani dengan baik,” kata dia.

Menurut Edwin Rusli,  dari 38 kasus tersebut, semua sudah dilaksanakan fogging terutama siswa S0 yang dinyatakan positif oleh rumah sakit.

“Kalau sudah pegang S0 berarti sudah positif, dan pasti kita fogging. Alhamdulillah semuanya sembuh. Tapi karena ada peningkatan pasti kita jaga-jaga,” katanya.

Sementara ini ada lima Puskesmas yang difokuskan yaitu Way Halim, Sukaraja, Way Laga, Sukarame, dan Way Kandis mengingat yang lagi banyak kasus DBD. Terangnya.

Edwin Rusli mengatakan upaya yang dilaksanakan untuk pemberantasan DBD selain melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan fogging, juga melaksanakan pembersihan lingkungan dengan mengajak masyarakat membersihkan lingkungan.

“Kita berharap, 1R1J yaitu satu rumah satu jumantik jadi kita harapkan itu dan pembagian abate secara gratis. Jika belum dapat petugas akan mengingatkan warga pada saat mereka berobat tujuannya ingin masyarakat sehat. Pelaksanaan fogging massal ini memang rutin dilaksanakan setahun sekali biasanya di awal tahun. Kegiatan langsung hari ini sekitar jam 10.00 WIB melaksanakan fogging massal,” katanya.

 

Loading...