Beranda News Kesehatan Dinkes Lampura Temukan Delapan Kasus Penyakit Kusta

Dinkes Lampura Temukan Delapan Kasus Penyakit Kusta

394
BERBAGI
Penyakit kusta (bloomberg)

TERASLAMPUNG.COM — Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara menemukan delapan kasus penyakit kusta di Lampung Utara pada peiode Maret – Oktober 2017.

Tujuh penderita kusta itu berdomisili di di Kecamatan Abung Timur (dua oran), Bungamayang (dua orang),  Abung Tinggi (dua orang), serya dan Blambangan Pagar dan Bukitkemuning masing-masing satu orang.

“Mereka terdata mulai dari bulan Maret hingga Oktober 2017,” kata ‎Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Lampung Utara, M. Yusuf‎, Selasa (7/11).

Menurut Yusuf, penyakit kusta atau lepra disebabkan oleh bakteri Mycobacerium leprae yang bisa ditularkan melalui kontak langsung dan melalui udara dari penderita.

“Biasanya, gejala yang akan muncul akibat tertularnya bakteri tersebut meliputi munculnya bercak ditubuh mirip panu, hingga mati rasa. Mereka terkadang menyepelekan. Namun, sebenarnya harus ditangani serius,” katanya.

Yusuf mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui penyakit kusta sehingga kebanyakan penderita kusta berobat saat sudah dalam  stadium lanjut atau mengalami kecacatan.‎

Menurut Yusuf,  deteksi dini merupakan kunci untuk mengurangi angka penularan.

“Gejala awal kusta ditandai dengan adanya bercak pada permukaan kulit yang berwarna merah maupun putih. Pada area bercak tersebut akan mengalami mati rasa. Ditusuk jarum tidak berasa. Itu salah satu tanda dari kusta,” ujarnya.

Apabila masyarakat mengalami gejala tersebut diharapkan untuk memeriksakan ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat. Pasalnya, apabila mendapat penanganan sejak dini bisa dilakukan pengobatan hingga sembuh dan terhindar dari kecacatan.

“Jika ditemukan pada stadium sejak dini, tidak akan sampai terjadi gangguan dari anggota gerak,” ujar dia.

Salah satu cara untuk menurunkan kusta adalah dengan mencari sebanyak-banyaknya kemudian melakukan pengobatan hingga tuntas. Khususnya pada wilayah yang berpotensi tertular oleh kusta.‎‎

TL/ILS

Loading...