Beranda News Kesehatan Dinkes Provinsi Siapkan 63 Posko Pelayanan Mudik Lebaran

Dinkes Provinsi Siapkan 63 Posko Pelayanan Mudik Lebaran

175
BERBAGI

Kadis Kesehatan Provinsi Lampung dr.Reihana 

BANDARLAMPUNG,Teraslampung.com–Dalam  rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1436 H dan mengantisipasi arus mudik serta arus balik di Provinsi Lampung,  Dinas Kesehatan Provinsi membentuk 63 posko pelayanan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dr.Reihana posko pelayanan selama mudik Lebaran 1436 Hijriyah  ada  63 Posko dan beroperasi selama    16 hari (H-7 sampai  H+7).
Posko – posko tersebut diantaranya ada di pelataran parkir Hotel Nusantara (Begadang V), Jl. Raya Soekarno – Hatta, Kali Balok, Antasari, Bandar Lampung berupa Pelayanan Pijat Akupressure dan Akupunktur pada  Pukul 09.00 – 15.00 WIB serta Memberdayakan RS Keliling (Mobile Clinic) untuk  mendukung posko pelayanan yang ada.

Posko Pelayanan Pijat Akupressure dan Akupunktur ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan akibat kelelahan dalam perjalanan mudik, dengan petugas sebanyak 4 orang, 1 orang petugas Puskesmas yang sudah dilatih, 2 orang terapis akupressure, dan 1 orang dari PAKSI (Persatuan Akupuntur Seluruh Indonesia) serta didampingi dan diawasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung serta dokter dari Rumah Sakit Abdul Moeloek.

Persyaratan pasien yang dapat diberikan layanan pijat akupressure dan akupunktur ini antara lain berusia di atas 12 tahun, tidak dalam keadaan hamil,  tidak menderita penyakit kelainan pembekuan darah, tidak sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, tidak dalam kondisi gawat darurat, tidak sedang membutuhkan tindakan operasi, tidak sedang menderita tumor ganas, tidak sedang dalam kondisi terlalu kenyang atau terlalu lapar, tidak menderita penyakit infeksi dan kadar gula < 200 mg/dl.

Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung juga melaksanakan kegiatan pemantauan Posko 3 kali dalam sehari dengan menggunakan Ambulance. Laporan pemantauan posko juga  disampaikan ke Kementerian Kesehatan RI di Jakarta secara online setiap hari pada Pukul 08.00 pagi dengan koordinator posko  kesehatan : WAYAN ARIAWATI, SKM.,M.Kes  [ 081279428911 ], dr. LUSI DARMAYANTI, MPH  [ 085269086644 ], APRIAN, S.Kep  [ 08127934943 ].

Sementara itu, 62 Posko lainnya   tersebar di 15 Kabupaten Kota se-Provinsi Lampung sepanjang jalur mudik. Dinas Kesehatan Kab/Kota bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan kegiatan, baik Puskesmas yang terletak di jalur arus mudik/balik maupun Puskesmas lain yang diperbantukan termasuk RS Pemerintah dan Swasta di wilayah kerjanya. Rilis/ Mas Alina Arifin

Loading...