Dinkes tak dapat Pastikan Varian Delta Covid-19 Sudah Masuk Lampura

  • Bagikan
Ilustrasi Virus Corona/Foto: Shutterstock
Ilustrasi Virus Corona/Foto: Shutterstock

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Kesehatan Lampung Utara belum dapat memastikan apakah pasien positif di wilayahnya ada yang terpapar varian Delta SARS-CoV-2. Varian Delta Covid-19 merupakan varian asal India yang menular hanya dalam hitungan detik.

“Kami belum bisa pastikan apakah varian Delta Covid-19 sudah masuk ke Lampung Utara atau belum,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Selasa (29/6/2021).

‎Dian Mauli mengatakan, kepastian mengenai jenis varian termasuk varian Delta itu masih membutuhkan uji laboratorium lebih lanjut. Laboratorium itu hanya dapat dilakukan di Jakarta.

“‎Hasil sampel uji swab yang positif itu yang dikirimkan ke Jakarta untuk diperiksa genomnya. Di situ baru ketahuan apakah variannya Delta, Gamma, atau Beta, dan lainnya,” terang dia.

Lantaran hal ini jugalah yang membuat mereka tidak pernah mengetahui jenis varian Covid-19 apa saja yang telah memapari para pasien positif termasuk pasien positif yang meninggal dunia di Lampung Utara. Meski begitu, ia menegaskan bahwa varian Delta SARS-CoV-2 ini cukup berbahaya dikarenakan penularannya yang begitu cepat.

“Varian Delta berbahaya karena ‎penularannya tidak membutuhkan waktu yang lama,” paparnya.

Dikutip dari Viva.co.id, Juru Bicara COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyebut bahwa penularan COVID-19 varian Delta sangat drastis. Bahkan, penularannya bisa berlangsung lebih cepat dibanding varian lama, yakni hanya dalam 15 detik.

Nadia menyebut bahwa tingginya peningkatan kasus COVID-19 belakangan ini diduga kuat akibat varian asal India tersebut. Dituturkan Nadia, varian B1617.2 itu bersifat lebih mudah menular.

Total warga Lampung Utara yang positif Covid-19 hingga kini telah mencapai 2.034. Rinciannya, 1.566 orang selesai isolasi, 72 meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani isolasi atau perawatan.

  • Bagikan