Dinkes Tanggamus Mulai Lakukan Vaksinasi Dosis Ketiga

Vaksin Covid-19 produksi Pfizer. Foto: Getty Images via BBC
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM,TANGGAMUS – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus sejak 25 Januari 2021 lalu mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk dosis ketiga atau booster. Untuk tahap awal, vaksinasi booster dengan sasaran pegawai di tiap organisasi perangkat daerah (OPD).

“Untuk vaksinasi booster memang sudah mulai, untuk tahap awalan dimulai dulu dari pegawai di tiap OPD. Nanti berlanjut ke masyarakat,” kata Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Tanggamus, Bambang Sutejo, Kamis (27/1/2022).

Menurut Bambang, sebenarnya tidak khusus mendahulukan siapa yang divaksin dahulu, hanya saja ada persyaratan jika jarak dosis ketiga harus enam bulan dari pemberian dosis kedua.

“Masyarakat juga boleh minta vaksinasi kalau waktunya sudah enam bulan dari pemberian dosis kedua,” ujar Bambang.

Bambang menuturkan, bagi masyarakat yang ingin divaksin dosis ketiga diharapkan datang ke puskesmas terdekat. Puskesmas mana saja bisa yang penting terdekat dengan tempat tinggalnya.

Sedangkan untuk pegawai OPD di tentukan tempatnya untuk menghindari penumpukan pelayanan. Sehingga tiap OPD ditentukan puskesmas lokasi vaksinasinya.

“Untuk OPD kami tentukan lokasi supaya tidak timbul penumpukan. Makanya dibagi OPD tertentu di puskesmas mana,” tuturnya Bambang.

Bambang menerangkan, dasar pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga adalah Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/11/252/2022.

Di dalamnya diatur tentang Vaksinasi Covid-19 booster bagi kabupaten yang telah mencapai cakupan vaksinasi Covid-19, untuk dosis pertama 70 persen dan cakupan dosis pertama bagi usia lanjut 60 persen.

Dan kondisi di Tanggamus capaian vaksinasi sampai 20 Januari 2022 lalu untuk dosis pertama sudah 80,59 persen. Dan cakupan dosis pertama bagi warga lanjut usia 61,79 persen.

Sehingga dengan capaian tersebut, di Tanggamus telah memenuhi kriteria untuk melaksanakan vaksinasi dosis ketiga. Layanan untuk dosis tersebut juga gratis seperti yang selama ini.

Penerima vaksinasi booster adalah semua penerima vaksin yang berusia 18 tahun ke atas. Lalu sudah mendapatkan dua dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

Dan nanti saat minta divaksin harus membawa identitas KTP atau Kartu Keluarga atau sertifikat vaksin yang sudah didapat selama ini.

Siswanto