Beranda News Lampung Diperkirakan Membludak, Arus Balik Lebaran Dishub Akan Siapkan Bus Tambahan

Diperkirakan Membludak, Arus Balik Lebaran Dishub Akan Siapkan Bus Tambahan

35
BERBAGI
Antoni Makki

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Kepala Terminal (Kater) Rajabasa, Antoni Makki, mengatakan pada arus balik Lebaran nanti dirediksikan akan terjadi lonjakan penumpang di Terminal Rajabasa. Untuk itu, pihaknya menyiapkan bus tambahan untuk mengangkut penumpang menuju ke Terminal Pelabuhan Bakauheni.

“Arus mudik lebaran tahun 2016 ini berbeda dengan arus mudik pada tahun sebelumnya. Karena banyak PNS dan anak sekolah, sudah libur lebih dulu sebelum memasuki Ramadahan dan pulang ke Kampung halamannya. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya antrean atau penumpukan penumpang di Terminal Rajabasa, kami akan menambah jumlah armada bus AKAP dan AKDP,”kata Makki kepada Teraslampung.com, Selasa (5/7/2016) siang.

Makki menuturkan, dipastikan arus balik lebaran nanti, akan mengalami peningkatan. Membludaknya pemudik, selain para pekerja yang akan kembali bekerja di Pulau Jawa lalu mulai masuknya para PNS, dan anak-anak yang sudah mulai masuk sekolah. Arus balik nanti juga akan bertambah, karena bersamaan dengan masuknya tahun ajaran baru.

“Hal tersebut, yang akan menambah membludaknya arus balik Lebaran nanti. Untuk puncak arus balik lebaran nanti, diprediksikan terjadi pada H+2 hingga H+3 setelah lebaran (9-10 Juli 2016),”ungkapnya.

Menurut Makki, meskipun sudah ada 419 bus AKAP dan AKDP, 20 unit bus tambahan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan 70 unit bus rapid transit (BRT) dan beberapa bus Damri, pihaknya tetap akan menyiapkan bus tambahan pada saat arus balik.

“Armada bus ini nanti khusus untuk mengangkut penumpang lanjut usia (lansia), dan ibu-ibu yang memiliki anak kecil akan ditambah. Masalah ini, kami sudah koordinasi dengan pemilik bus (PO) untuk penambahan armada bus,”terangnya.