Beranda Ruwa Jurai Dirjen P2MKT Resmikan Kota Terpadu Mandiri

Dirjen P2MKT Resmikan Kota Terpadu Mandiri

543
BERBAGI
Tugu di Menggala

Tulang Bawang—Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi, Roossari Tyas Wardani, meresmikan Kota Terpadu Mandiri (KTM) berupa pasar dan sarana lainnya, Selasa (11/3). Kota Terpadu Mandiri (KTM) ini berada di Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang.

Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A. Rozak, MS mengatakan, KTM ini menopang 6 kecamatan, yaitu Rawa Pitu, Gedung Aji, Meraksa Aji, Penawar Aji, Gedung Aji Baru, dan Penawar Tama.

Hadir pada kesempatan itu, antara lain Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto mewakili gubernur, Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo, Bupati Mesuji Khamamik, dan unsure Muspida Plus Kabupaten Tulangbawang.

Bupati Hanan A Rozak menjelaskan bahwa kawasan ini memiliki kendala. Kendala yang dimaksudkan bupati yaitu setiap curah hujan cukup tinggi, kawasan ini dan sekitarnya mengalami kebanjiran. Penyebabnya, belum dibangunnya tanggul penangkis sepanjang 11 KM.

Oleh sebab itu, Hanan menambahkan, melalui Dirjen P2MKT untuk mendorong tim pusat agar dapat mengalokasikan anggaran pembuatan tanggul tersebut.

“Selain itu kawasan ini merupakan salah satu kawasan lumbung pangan Provinsi Lampung. Jadi melalui Dirjen P2MKT mohon untuk dibantu sarana pertanian baik pra dan pasca panen,” katanya.

Sementara Dirjen P2MKT Roossari Tyas Wardani mengatakan, melihat antusiasnya masyarakat maka program ini akan dipercepat dan mendapat perhatian yang serius.

Menyinggung pengunaan tanggul penangkis, dia menjelaskan, dari kementerian mengajak sharing dengan provinsi dan kabupaten.

“KTM ini dikatakan berhasil bila perekonomian kawasan ini bergerak ke arah yang lebih baik. Untuk mempercepat pergerakan maka diharapkan di kawasan ini harus ditumbuhkan industri hulu sampai hilir,” kata Roossari.

Loading...