Beranda Ekbis Bisnis Dirut BCA: “E-Chanel” Permudah Investor Berstransaksi

Dirut BCA: “E-Chanel” Permudah Investor Berstransaksi

176
BERBAGI

JAKARTA, Teraslampung.com — Direktur BCA Armand W. Hartono mengaku pihaknya menyambut baik kerja sama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan  PT CIMB Niaga Tbk (Bank CIMB Niaga) untuk mengembangkan jaringan elektronik  (e-channel)

Menurut Armand, dengan adanya  kerjasama ini, para investor dapat dengan lebih mudah melakukan akses ke AKSes KSEI melalui channel bank sehingga investor akan semakin mudah mendapatkan informasi dan melakukan penyelesaian atas transaksi pasar modal secara komprehensif dan terintegrasi dengan ringkas.

Investor juga cukup melakukannya melalui web bank pembayar, tanpa perlu melakukan transaksi tersebut di beberapa web.

”Saat ini BCA telah mengimplementasikan penyediaan informasi saldo dan mutasi RDN pada KlikBCA Bisnis, sedangkan KlikBCA Individu dan BCA Mobile ditargetkan dapat diimplementasikan pada bulan Desember tahun ini. Seluruh inovasi ini kami lakukan guna memberikan pelayanan terbaik kepada para investor dan berharap kerjasama yang dilakukan dapat semakin mendukung pertumbuhan Pasar Modal Indonesia.” kata dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur CIMB Niaga Lo Nyen Khing mengatakan, penandatanganan kerja sama dengan KSEI ini, merupakan  wujud  komitmen CIMB Group untuk turut berperan dalam pengembangan pasar modal di kawasan regional, termasuk pasar modal Indonesia. Oleh karena itu, CIMB Niaga beserta perusahaan afiliasinya terus aktif berperan dalam setiap upaya pengembangan pasar modal Indonesia.

Lo menambahkan, kerjasama dengan KSEI telah dilakukan sejak 14 tahun lalu. Dimulai pada tahun 2000 melalui kerja sama sebagai Bank pembayar settlement transaksi bursa. Pada 2011, dilanjutkan dengan kerja sama sebagai Bank Administrasi Rekening Dana Nasabah (RDN), dan pada 2014 bekerja sama dalam Co-Branding antara AKSes KSEI dengan  e-channel CIMB Niaga. Dalam kerja sama kali ini, akan diawali dengan penambahan fitur layanan internet banking CIMB Niaga yaitu CIMB Clicks. Dengan fitur tersebut, diharapkan dapat melengkapi infrastruktur pasar modal Indonesia yang dapat bermanfaat untuk memperluas basis investor.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menyambut baik bergabungnya BCA dan CIMB Niaga dalam kerjasama dengan KSEI untuk program Co-Branding Fasilitas AKSes ini. Nurhaida menyampaikan bahwa hal ini merupakan langkah konkrit sinergi perbankan dan pasar modal di bawah OJK untuk mewujudkan infrastruktur yang memudahkan masyarakat melakukan investasi di pasar modal.

“Peningkatan jumlah investor pasar modal dapat kita upayakan dengan dukungan infrastruktur membuat masyarakat merasa mudah, nyaman dan aman dalam berinvestasi. Pengembangan infrastruktur yang mempermudah akses masyarakat ke pasar modal ini melengkapi sosialisasi dan edukasi yang secara masif dan terus menerus kami lakukan. Kami juga telah melakukan penyesuaian peraturan terkait prinsip mengenai pengenalan nasabah di mana ke depannya investor dapat membuka rekening investasi di Perusahaan Efek melalui pihak ketiga, yaitu di antaranya melalui pihak bank”, demikian pungkas Nurhaida.

Dengan adanya pengembangan infrastruktur yang senantiasa terus dilakukan, diharapkan masyarakat mendapat kemudahan untuk berinvestasi di pasar modal, dan dengan dukungan pengembangan infrastruktur Co-Branding seperti ini diharapkan target peningkatan jumlah investor di pasar modal dapat dicapai sejalan dengan visi OJK untuk pendalaman pasar.

Dewira


Berita Terkait: KSEI, BCA,dan CIMB Niaga Jalin Kerjasama Kembangkan “E-Channel”