‘Diserbu’ 43 Narapidana, Jl. Taman Siswa dan Sriwijaya Kotabumi Kini Berubah

  • Bagikan
Jalan Taman Siswa Kotabumi sebelum diperbaiki para napi.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Empat puluh tiga narapidana mendadak memenuhi Jalan Sriwijaya, dan Jalan Taman Siswa, dan Jalan Nunyai, Kotabumi, Lampung Utara, Rabu (10/3/2021). Kedatangan mereka ini mau tak mau membuat warga sekitar menjadi heboh.

Perasaan was – was mulai menyelinap di hati mereka masing – masing. Untungnya, perasaan itu tak berlangsung lama dan langsung sirna. Hal itu karena mereka melihat para petugas Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Kotabumi berada di dekat mereka.

Wajah gelisah yang sempat terlihat sontak berubah menjadi wajah yang berseri – seri. Mereka sadar bahwa para narapidana itu akan menjadi ‘malaikat’ penolong mereka untuk mengatasi kerusakan jalan yang berlangsung bertahun – tahun.

Tanpa banyak basa – basi, para narapidana yang tersebar di dua jalan tersebut langsung bergerak. Tangan dan kaki mereka terlihat lincah dari satu titik ke titik rusak lainnya. Terlihat sekali kekompakan saat mereka bekerja. Tak ada satu pun narapidana yang terlihat malas untuk bergerak. Ada yang mengaduk semen menggunakan mesin molen cor, dan ada juga yang memindahkan material.

Jalan Taman Siswa Kotabumi setelah diperbaiki.

Tak sampai pukul 17.00 WIB, perbaikan jalan yang digawangi oleh jajaran instansi di bawah Kemenkumham dan PWI Lampung Utara itu akhirnya kelar. Meski tak sempurna, namun hasil pekerjaan yang didasari oleh rasa kepedulian itu akan mampu menjadi pelipur lara warga yang telah lama merindukan perbaikan jalan.

“Perbaikan ini wujud nyata dari bakti merah-putih Narapidana di seluruh jajaran Kemenkumham. Semoga dapat bermanfaat bagi warga dan para pengguna jalan lainnya,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi, Endang Lintang Hardiman didampingi oleh Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Mukhlisin Fardi usai kegiatan.

Selain di tiga lokasi itu, mereka juga melakukan hal yang nyaris serupa di jalan lingkar Bernah – Kalicinta dan jalan Banyuurip – Rejosari tepatnya di depan SMPN 13 Kotabumi 5 mobil. Sekitar 10 mobil batu belah ditaburkan di jalanan yang rusak tersebut.

“Semoga apa yang kami lakukan ini tidak membuat pihak lainnya tersinggung karena yang kami lakukan ini semata – mata untuk kebaikan kita semua,” harap dia.

Menyikapi perbaikan jalanan tersebut, salah seorang warga Jalan Taman Siswa, Deki Mantiyasgo mengaku sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini. Hampir tiga tahun lamanya mereka harus berkutat dengan jalan rusak. Tak jarang terjadi kecelakaan jika saja kurang berhati – hati saat melintas.

“Salut buat jajaran Kemenkumham dan rekan – rekan PWI terutama warga binaan yang sudah mengabulkan harapan kami ini,” katanya.

  • Bagikan