Disindir Walikota Eva Dwiana untuk Segera Cairkan DBH 2023, Ini Respons Gubernur Lampung

Walikota Eva Dwiana memberikan sambutan pada acara penutupan MTQ ke-50
Walikota Eva Dwiana memberikan sambutan pada acara penutupan MTQ ke-50
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM —  Bertemu pada acara penutupan MTQ Provinsi Lampung, Minggu malam (15/10/2023), dimanfaatkan Walikota Bandarlampung Eva Dwiana untuk meminta Gubernur Lampung Arinal Djunaidi segera mencairkan dana bagi hasil (DBH) 2023.

“Pada kesempatan ini saya meminta kepada bapak gubernur untuk mencairkan DBH,” kata Eva.

Gubernur pun langsung memberikan respons dalam sambutan penutupan MTQ. Arinal Djunaidi berjanji dalam minggu-minggu ini DBH segera dicairkan.

“Insyaallah Bu walikota, para bupati minggu-minggu ini akan segera dicairkan. Atas sindirannya tadi pada MTQ, luar biasa mengetuk hati saya untuk saya selesaikan dalam minggu ini,” janjinya.

“Jangan khawatir bisa lebih cepat dari satu minggu,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan teraslampung.com, Pemprov Lampung baru mencairkan DBH ke Pemkot Bandarlampung yaitu pajak rokok dan menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M. Ramdhan pajak rokok yang dicairkan baru satu triwulan nilainya sebesar Rp10 milyar.

“Yang sudah ditransfer ke kami baru Rp10 milyar dari pajak rokok itu pun triwulan satu saja,” jelasnya di Pemkot, Jumat 22 September 2023.

Ramdhan menambahkan, pajak rokok merupakan pajak dari pusat dikirimkan ke Pemprov kemudian dikirimkan ke Pemkot.

“Pajak rokok itu dari pusat dan setahu saya pusat sudah mengirimkan pajak rokok sampai triwulan III. Yang kita terima baru triwulan satu entah kenapa,” ujarnya

Sementara untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor hingga kini belum ditransfer/dibagikan Pemprov Lampung ke Pemkot Bandarlampung.

“Dari DBH potensi PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang kita terima mencapai Rp133 milyar,” pungkas Ramdhan.

Dandy Ibrahim