Beranda BOLA Euro Piala Eropa 2016: Disiplin Spanyol Siap Ladeni Agresif Turki

Piala Eropa 2016: Disiplin Spanyol Siap Ladeni Agresif Turki

211
BERBAGI
Aksi pemain Spanyol

Ayid Suyitno PS

TERASLAMPUNG.COM — Spanyol akan ditantang Turki dalam pertandingan kedua Grup D Piala Eropa 2016. Itu berarti dua gaya bermain yang berbeda tersaji di Stade Allianz Riviera, Nice, Prancis, Sabtu (18/6) mulai pukul 02.00 WIB.

Spanyol dengan pola yang disiplin, bersih, menyerang secara bergelombang. Turki dengan pola yang ngotot menyerang, meski memperlihatkan kekasaran. Hal ini tampak jika dilihat dari pertandingan pertama kedua tim di mana Spanyol menang 1-0 atas Republik Ceko dan Turki tumbang 0-1 dari Kroasia.

Jika tidak ada kejutan terjadi, Spanyol diprediksi menang lawan Turki. Apalagi, Tim Matador adalah juara bertahan turnamen ini yang tentunya ingin secepatnya membuktikan kelasnya.

Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, meminta pasukannya untuk berhati-hati dalam meladeni Turki. Baginya Turki adalah lawan berat. Turki boleh dibenamkan Kroasia, namun Turki, yang berpijak di dua benua, Eropa dan Asia, siap bangkit.

Del Bosque mengatakan Andres Iniesta dan kawan-kawan harus bisa mengantisipasi taktik pasukan yang dibesut pelatih Fatih Terima itu. Jika tidak, maka situasinya bisa berbalik, Turki bisa menguasai jalannya pertarungan.

“Turki hebat saat melawan Kroasia. Mereka memperlihatkan agresivitas. Jadi, kami tidak boleh terpancing dengan taktik mereka yang terkesan negatif itu,” kata Del Bosque.

“Kami akan menguasai lapangan dan belajar dari Kroasia yang bisa menaklukkan mereka. Meski dengan cara berbeda dari yang dilakukan Kroasia. Karena kami dan Kroasia memang tidaklah sama,” tambahnya.

La Furia Roja memang bertekad segera ke babak 16 besar seperti yang telah dinikmati Prancis. Hal ini ditopang head to head kedua tim, yakni dalam tiga pertemuan terakhir Spanyol selalu menang dari Turki.

Emre Mor, salah satu pemain andalan Turki.
Emre Mor, salah satu pemain andalan Turki.

Menurut Terim, Spanyol tim luar biasa. Ia meminta Arda Turan dan para rekannya bisa bermain taktis untuk tidak terjebak alur permainan Spanyol yang tiada henti menuju gawang lawan.

“Jelas, Spanyol lebih berat ketimbang Kroasia. Namun, segalanya memang harus dibuktikan di lapangan. Percayalah, dalam sepakbola tidak ada yang pasti dan kami akan menahan laju Spanyol,” tandas Terim.

Prakiraan Pemain:
Spanyol (4-3-3) : David De Gea — Sergio Ramos, Juanfran, Jordi Alba, Gerard Pique; Andres Iniesta, Sergio Busquets, Cesc Fabregas; Nolito, David Silva, Alvaro Morata.
Turki (4-3-3) : Volkan Babacan — Hakan Kadir Balta, Gokhan Gonul, Caner Erkin, Mehmet Topal; Ozan Tufan, Selcuk Inan, Oguzhan Ozyakup; Cenk Tosun, Arda Turan, Hakan Calhanoglu.

Loading...