Beranda Hukum Ditahan, Andika Eks-Vokalis Kangen Band Dijerat Pasal KDRT

Ditahan, Andika Eks-Vokalis Kangen Band Dijerat Pasal KDRT

1017
BERBAGI
Andika diperiiksa di Polresta Bandarlampung, Sabtu (25/2/2017). Pada Sabtu sore mantan vokalis Kangen Band itu ditahan terkait kasus KDRT.

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung, menahan vokalis Kangen Band, Maesa Andika Setiawan sebagai tersangka kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, Chairunisa alias Caca, Sabtu (25/2/2017) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung, Kompol Deden Heksa Putra membenarkan, pihaknya melakukan penahanan terhadap Andika, setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilaporkan oleh istrinya Charunisa alias Caca.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, hari ini secara resmi tersangka Andika ditahan. Penahan Andika, karena sudah cukup bukti melakukan KDRT terhadap istrinya Caca,”ujar Deden kepada awak media, Sabtu (25/2/2016) sore.

Dikatakannya, dalam kasus tersebut, pihaknya menjerat tersangka Andika dengan Pasal 44 ayat (1) UU No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

“Mengenai ancaman hukumannya, pidana penjara maksimal lima tahun,”jelasnya.

Saat ditanya mengenai jika adanya penangguhan penahanan tersangka Andika, Deden mengatakan, pihaknya akan melihat perkembangan seperti apa kedepannya.

“Yang jelas penahanan tersangka Andika, kami bertindak sesuai dengan prosedur dan aturan hukum yang berlaku,”ungkapnya.

Deden juga membenarkan, beberapa hari lalu pihaknya menerima adanya surat pencabutan laporan dan surat perdamaian yang ditandatangani oleh Caca. Surat tersebut, dikirimkan dari orang yang mengaku sebagai kuasa hukumnya Caca.

Namun setelah dicroscek mengenai kebenaran surat tersebut, dua hari sebelumnya Caca datang ke Polresta Bandarlampung dan menjelaskan, bahwa surat pencabutan laporan itu dibuat dalam keadaan terpaksa dan ditekan oleh suaminya Andika.

“Caca mengaku adanya tekanan dari Adika, lalu Caca membuat surat pernyataan dan menyatakan agar kasusnya tetap dilanjutkan sampai tuntas,”pungkasnya.

Pantauan teraslampung.com, pada Sabtu (25/2/2017) pagi sekitar pukul 09.00 WIB, vokalis Kangen Band Maesa Andika Setiawan yang ditetapkan sebagai tersangka kasus KDRT, datang memenuhi panggilan penyidik Unit PPA Satreskrim Polresta Bandarlampung.

Pelantun tembang Yolanda tersebut, dengan mengenakan kemeja warna hijau tua tua dan celana jeans biru, datang penuhi panggilan tersebut tanpa didampingi kuasa hukumnya.

Selama dalam pemeriksaan di ruang Unit PPA, Andika tampak terlihat raut wajahnya kusut dan beberapakali memegangi kepalanya, hingga rambutnya yang tadinya rapi terlihat acak-acakan. Penyidik memeriksa Andika kurang lebih selama 5 jam, lalu Andika menandatangani sebuah surat.

Taklama kemudian, penyidik secara resmi dan memastikan melakukan penahanan terhadap Andika. Lalu Petugas Unit PPA Satreskrim Polresta Bandarlampung, menggelandang Andika vokalis Kangen Band tersebut ke rumah tahanan (Rutan) Mapolresta Bandarlampung.