Beranda Teras Berita Ditembak Rudal, Pesawat Malaysian Airlines Jatuh di Ukraina Timur

Ditembak Rudal, Pesawat Malaysian Airlines Jatuh di Ukraina Timur

233
BERBAGI
Pesawat Malaysian  Airlines (dok bloomberg)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Pesawat Malaysia Airlines MH17 yang membawa 295 penumpang dikabarkan jatuh karena ditembak sebuah rudal ketika berada di atas udara Ukraina timur. Sumber di Kementerian Dalam Negeri Ukraina, 295 penumpang diduga kuat tewas.

Menurut kantor berita Reuters, Kamis (17/7/2014) pesawat itu jenis Boeing 777 dan tengah terbang dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur. Pesawat itu terbang di dekat Kota Donetsk, yang merupakan wilayah konflik.

Belum diketahui pasti siapa yang menembak pesawat sipil berjenis Boein 777 itu. Baik pemerinyah Ukraina maupun pihak maskapai Malaysian Airlines hingga kini belum memastikan lokasi persis pesawat itu jatuh. Yang pasti, wilayah tempat jatuhnya pesawat  tersebut saat ini sedang terjadi pertikaian antara pemberontak Ukraina yang didukung Rusia dan pihak Pemerintah Ukraina.

Kantor berita Reuters mengungkapkan, penduduk di wilayah Ukraina timur sudah menemukan pecahan pesawat.

Anton Gerashenko, penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina, di akun Facebooknya  menyatakan pesawat Malaysia sedang berada pada ketinggian 10.000 meter ketika terkena rudal yang ditembakkan dari Buk. Peluncur rudal serupa pernah terlihat oleh wartawan Associated Press dekat kota Snizhne, Ukraina bagian timur dini hari Kamis (17/7).

Sementara pihak Malaysia Airlines, di akun Twitterna merilis bahwa mereka telah kehilangan kontak dengan MH17 dari Amsterdam. “Posisi terakhir yang diketahui adalah di atas wilayah udara Ukraina. Kami akan segera informasi berikan rinci,” tulis akun Twitter Malaysia Airlines.


Sumber: reuters/malaysiakini.com

Loading...