Ditlantas Polda Lampung Berikan Tali Asih kepada Para Veteran

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM,¬†BANDARLAMPUNG–Tanggal 10 November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan, banyak dilakukan dengan kegiatan seremonial untuk mengenang jasa para pahlawan, baik itu dengan melakukan upacara maupun tabur bunga di makam pahlawan.

Dalam peringatan Hari Pahlawan ke-73 Tahun 2021 ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung dan Jajaran melakukan sambang ke rumah veteran di Kota Bandar Lampung dan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian dan wujud penghormatan kepada para pejuang yang telah mengabdi untuk Negara.

Salah satu veteran bernama Soleh (74), warga Perumnas Way Halim mengatakan, kesehariannya saat ini, disibukkan dengan berkebun di ladang. Selain itu juga, sesekali Ia berolahraga supaya tubuhnya tetap bugar meski usianya sudah tak lagi muda seperti dulu.

Disamping itu, Soleh memberikan pesan kepada anak muda generasi penerus bangsa, agar tetap terus melanjutkan perjuangan dan menjaga keutuhan NKRI.

“Pesan saya untuk generasi muda, lanjutkan perjuangan jangan mudah tercerai berai dan terprovokasi yang merusak keutuhan bangsa ini,” kata veteran pensiunan TNI dengan pangkat Koptu (Kopral Satu) ini, Rabu (10/11/2021).

Salah satu pensiun TNI lainya, Sofyan May dengan pangkat terakhir Sersan Satu (Sertu) memberikan pesan kepada seluruh masyarakat untuk maju terus dan pantang menyerah.

“Mau bagaimanapun juga jangan mundur, pokoknya maju terus. Lanjutkan perjuangan kami dan para pahlawan yang telah gugur mengorbankan segalanya demi kemerdekaan,”ungkap warga Langkapura ini

Bahkan, Sofyan pun mengisahkan sedikit kenangan perjuangannya, semasa dirinya menjadi prajurit mengamankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pengalaman yang bisa dikenang banyak, apa lagi saat berada di barisan depan mengamankan kemerdekaan,”ucapnya.

Setelah pensiun, kata Syofyan, Ia sempat menjadi koordinator Satpam di daerah Bambu Kuning, Tanjungkarang Pusat selama 5 tahun. Selain itu, Ia juga pernah jadi pemborong.

“Ya kalau sekarang ini, saya sudah nggak kerja lagi. Hanya istri saja sekarang yang kerja yakni jual pakaian,” ungkapnya.

Sementara Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengutarakan, kegiatan ini, bukan saja hanya sebagai bentuk wujud penghormatan kepada para pejuang tapi juga lebih ditekankan perhatian sebagai anak kepada orang tua. Terlebih lagi mereka ini, adalah para veteran yang pengabdiannya sangat luar biasa bagi bangsa dan negara.

“Pada momentum Hari Pahlawan ke-73 ini, kita melaksanakan bakti sosial kepada veteran yang mana sebagai wujud perhatian dan penghormatan kepada orang tua kita (para veteran),”ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga akan dilakukannya, yakni tiap peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November.

“Insya Allah, kegiatan ini akan tetap terus dilakukan setiap tahunnya untuk menghormati jasa-jasa para veteran yang ada di Provinsi Lampung,”ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut, tidak hanya dilaksanakan Ditlantas Polda Lampung, melainka juga oleh Satuan Lalu Lintas (Stlantas) di Jajaran Polres/Polresta.

Zainal Asikin

  • Bagikan