Beranda Pendidikan Kampus Dokter Baru Unila Diambil Sumpah

Dokter Baru Unila Diambil Sumpah

233
BERBAGI

BANDARLAMPUNG, teraslampung.com–Sebanyak 54 dokter baru dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) diangkat sumpah, di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Rabu (8/1).

Prosesi sumpah dokter ke-19 ini disaksikan oleh Rektor Unila, para dekan, wakil pejabat pemerintah provinsi, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Lampung, para dosen FK Unila, karyawan, serta keluarga para dokter.

Para dokter yang diangkat sumpahnya merupakan generasi pertama yang lulus dari penerapan pola Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di FK Unila. Mereka telah mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) pada kisaran November 2013 lalu.

Selain itu, 54 dokter ini telah dinyatakan lulus yudisium pada 15 September dan 17 Oktober lalu. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yakni 3,49 diraih oleh dokter Karina Permata Sari.

Rektor Unila Prof. Dr. Sugeng P. Harianto mengaku bangga atas keberhasilan para dokter. Ia juga menguraikan, di tahun 2013 FK Unila telah menorehkan kebanggaan atas diraihnya akreditasi A berdasarkan surat keputusan nomor 051/SK/BAN-PT/ak-XV/S/II/2013 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

“Hal ini merupakan pencapaian yang membanggakan dan patut kita syukuri, mengingat untuk mencapai keberhasilan ini memerlukan komitmen, kerja keras, doa, dan dukungan dari semua pihak yang terlibat,” urai Rektor.

Rektor mengharapkan para dokter berkontribusi aktif dalam mengatasi masalah kesehatan yang ada di tanah air, untuk menunjang Indonesia sehat 2015 dan kebutuhan masyarakat agromedicine.
Para dokter disarankan untuk tetap belajar meskipun secara informal. Misalnya dengan mengakses internet, buku, majalah, jurnal, dan lainnya. Kemudian, dapat pula menempuh program magister atau spesialis. Dengan demikian, pengetahuan kedokteran dalam aplikasinya tetap berkesinambungan dan terbarukan.[] Hisna Cahaya

Sumber: unila.ac.id