Beranda News Internasional Presiden Donald Trump Akhirnya Pakai Masker

Presiden Donald Trump Akhirnya Pakai Masker

322
BERBAGI
Presiden AS Donald Trump mengenakan masker, Sabtu waktu AS (11/7/2020). Foto: Reuters via BBC
Presiden AS Donald Trump mengenakan masker, Sabtu waktu AS (11/7/2020). Foto: Reuters via BBC

TERASLAMPUNG.COM– Donald Trump adalah presiden paling bandel terkait protokol kesehatan Covid-19. Sejak virus yang diklaim berawal dari Kota Wuhan, China, ini menyebar di Amerika Serikat, ia tidak pernah memakai masker saat tampil di depan publik. Namun, pada Sabtu (11/7/2020), ia tampil lain: mengenakan masker saat berada di muka publik.

Dilaporkan BBC, Trump memakai masker ketika mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed, kawasan di sekitar Washington. Di sana dia bertemu prajurit dan pekerja medis.

Ia pun beralasan mengapa selama ini tidak memakai masker. “Saya tidak pernah menolak masker tapi saya yakin ada faktor waktu dan tempat untuk memakainya,” kata Trump saat meninggalkan Gedung Putih sebelum kunjungan itu.

Trump sebelumnya pernah berkata bahwa dia tidak akan mengenakan masker. Dia menghina lawannya dalam Pemilihan Presiden AS, dari Partai Demokrat, Joe Biden, yang kerap menggunakan masker.

Namun Sabtu kemarin, Trump berkata, “Saya rasa jika Anda berada di rumah sakit, terutama dengan kondisi seperti itu, di mana Anda berbicara di hadapan banyak tentara dan orang-orang yang baru keluar dari ruang operasi, menggunakan masker adalah tindakan yang tepat.”

Pekan lalu, kepada jaringan televisi Fox Business Network, Trump berkata, “Saya mendukung penggunaan masker.”

Trump menyebut senang dengan penampilannya dengan masker. Dia menyamakan dirinya dengan Lone Ranger, sosok pahlawan rekaan, yang bersama Tonto, seorang penduduk asli Amerika, menindak kejahatan pada masa lalu.

Namun, April lalu, ketika Pusat Kontrol Penyakit AS (CDC) merekomendasikan masyarakat untuk mengenakan masker atau penutup wajah berbahan kain, Trump berkata kepada pers bahwa dia tidak akan menjalankan anjuran tersebut.

“Saya rasa saya tidak akan melakukannya. Memakai masker saat saya bersalaman dengan presiden, perdana menteri, dikator, raja, ratu. Saya tidak bisa membayangkannya,” ujar Trump.

Bagaimanapun, sejumlah laporan media massa menyebut orang-orang dekat Trump memintanya memakai masker di depan publik.

Loading...