Dosen Itera Ajari Guru-Siswa SMA Tunas Mekar Belajar PLTS dan Panen Air Hujan

  • Bagikan
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) karya tim dosen Itera/Foto: dok
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) karya tim dosen Itera/Foto: dok

TERASLAMPUNG.COM — Tim dosen Institur Teknologi Sumatera (Itera) melakukan sosialisasi penerapan energi ramah lingkungan (Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Panen Air Hujan) untuk bahan pembelajaran di SMA Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung, Jumat, 8 Oktober 2021.

Kegiatan yang merupakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) Hibah Itera tahun 2021 ini diikuti 25 peserta. Terdiri atas lima orang guru dan 20 siswa/siswi SMA Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi para guru, pegawai, dan siswa/i SMA Tunas Mekar Indonesia terkait energi terbarukan (renewable energy) terutama tentang pembangkit listrik tenaga surya dan panen air hujan.

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki 2 musim, musim penghujan dan musim kemarau. Selain itu, Indonesia termasuk negara yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, dimana akan mempengaruhi penggunaan energi.

Hadirnya energi terbarukan, memberikan inovasi baru untuk keberlangsungan hidup kedepannya. Sosialisasi tentang energi terbarukan, sangat perlu untuk menambah wawasan akan pentingnya memanfaatkan energi yang ada. Tak hanya sosialisasi, dilakukan juga penerapan energi ramah lingkungan dengan memasang alat pembangkit listrik tenaga surya dan alat panen air hujan di SMA Tunas Mekar Indonesia di Bandar Lampung.

“Sangat menarik ada penemuan alat pembangkit listrik tenaga surya dan alat panen air hujan, ” tutur Wirathama Putra, guru SMA Tunas Mekar Indonesia.

Muhammad Iqbal, pemateri, mengatakan bahwa alat pembangkit listrik tenaga surya sudah diseting untuk daya sekian cukup untuk kebutuhan berapa hari.

“Di luar dari situ, jika tetap tidak ada sumber cahaya matahari, maka alat tidak dapat bekerja. Jadi semuanya bergantung kepada kapasistas baterai,” kata.

Pengabdian kepada masyarkat ini merupakan kolaborasi antara dosen program studi Teknik Perkeretaapian yaitu Amelia Oktavia, S.T., M.T., dosen program studi Teknik Industri, yaitu Muhammad Iqbal, S.T., M.M, dan dosen program studi Teknologi Pangan yaitu Ilham Marvie, S.T.P, M.Si.

Pelatihan ini juga diikuti oleh 3 mahasiswa dari program studi yang berbeda di Itera, ada dari program studi Teknik Industri, yaitu Yuda Singgih Pratama, program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan, yaitu Jesica Carolina Situmorang dan program studi Arsitektur, yaitu Elektina Lubis.

Kegiatan ini diharapkan memberikan wawasan pentingnya energi terbarukan untuk menghemat energi yang ada serta menambah ketertarikan siswa/siswi SMA Tunas Mekar Indonesia untuk mendalami pentingnya memanfaatkan energi terbarukan.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page