Beranda Pendidikan Kampus Dosen UBL Juarai Kompetisi Karya Ilmiah di Tiongkok

Dosen UBL Juarai Kompetisi Karya Ilmiah di Tiongkok

235
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Dosen Universitas Bandar Lampung (UBL),Susanto Saman, S.S., M.Hum., M.A., Ph.D,menjadi juara pertama kompetisi bergengsi tingkat internasional di Tiongkok (17/12/2017) lalu.

Kompetisi yang berlangsung di Xiamen University merupakan  kompetisi karya ilmiah internasional yang diikuti oleh para peneliti dari berbagai perguruan tinggi di dunia.

Pada tahapan awal, peserta mengirim karya ilmiah untuk diseleksi. Peserta yang lulus seleksi berjumlah lebih dari 100 peneliti. Mereka diundang untuk mengikuti kegiatan international academic symposium di Xiamen University, Tiongkok. Dalam acara simposium, para peserta diminta mempresentasikan dan mempertahankan hasil karya ilmiah dihadapan para anggota dewan pakar.

Susanto mengaku awalnya ia tidak menyangka bisa ikut kompetisi ini.

“Karena anjuran dari supervisor saya dalam penelitian forensic linguistics di Shanghai Jiao Tong University (SJTU),akhirnya saya mengirim sebuah karya ilmiah berjudul The Emergence of Micro-tonic Syllable in Chinese Tonicity: A study on Physical Correlates of Chinese Intonation System in Courtroom Settings,” kata postdoctoral fellow bidang ilmu Forensic Linguistics di Martin Centre for Appliable Linguistics, SJTU, tersebut.

Dalam karya ilmiah ini Susanto membahas salah satu hasil penemuanya selama riset di Tiongkok.

Hasil penelitian pria yag sehari-hari menjabat Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) UBL ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari para dewan juri. Selain itu juga dianggap akan memilki kontribusi yang tinggi dalam masyarakat luas sehingga karya ilmiahnya berhasil memenangkan juara satu.

“Alhamdulillah, saya mampu mempresentasikan karya ilmiah saya dengan baik dan mampu menjawab pertanyaan dari para dewan juri. Salah satunya adalah tentang kontribusi ke depan untuk masyarakat luas,” katanya.

Menurut Susanto, hasil temuan tentang micro-tonic syllable akan sangat bermanfaat untuk menemukan metafungsi dalam bahasa lisan.

“Dalam ilmu forensic linguistics, temuan ini saya hubungkan dengan pendeteksi kebohongan yang disinergikan dengan aktivitas otak. Ke depan untuk evaluasi pola-pola propaganda dalam terorisme”, kata peraih Ambassador Awards for Excellence ini yang juga aktif sebagai anggota Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Lampung dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) ini.

Susanto menamatkan Program Doktor (S3) di bidang Linguistik dan Fenetik dari English and Foreign Languages University (EFLU), India. Ia  aktif dalam penelitian dan menulis karya ilmiah.

Tahun depan (2018), Dr Susanto, yang berhasil mendapatkan Fulbright Fellowship, akan melakukan penelitian di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat.

Karya ilmiahnya banyak dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional dan juga dipublikasikan dalam buku-buku yang terbit di luar negeri. Baru-baru ini, karya ilmiahnya yang berjudul “Mood System in Bahasa Indonesia” dipublikasikan dalam buku yang terbit di Portugal.

Menyikapi pencapaian prestasi salah satu akademisinya tersebut, Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, MBA, merasa bangga akademisinya berkiprah dan berhasil menang juara pertama dalam kompetisi karya ilmiah di tingkat internasional ini.

“Saya merasa senang atas prestasi Dr. Susanto. Ini merupakan salah satu bukti tentang keunggulan yang dimiliki UBL. Hal ini akan semakin terus ditingkatkan dan semoga bisa diikuti oleh akademisi lainnya,” kata Rektor UBL.

Loading...