Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan DPC GOPTKI Gelar Gebyar TK/RA se-Lamsel

DPC GOPTKI Gelar Gebyar TK/RA se-Lamsel

16
BERBAGI
Ketua DPC GOPTKI Lamsel Endang Sutono melepas balon tanda dimulainya kegiatan Gebyar TK-RA se- Kabupaten Lamsel

Iwan J Sastra/Teraslampung.com 

KALIANDA – Dewan Pimpinan Cabang Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (DPC-GOPTKI) Kabupaten Lampung Selatan, menggelar gebyar TK/RA se-Kabupaten Lamsel, bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Kalianda, Selasa (7/10).

Gebyar TK/RA yang diikuti oleh ribuan anak TK se-Lamsel dengan mengambil tema “Kita Kembangkan Kreativitas, Menjunjung Tinggi Sportivitas yang Berkarakter Sejak Anak Usia Dini sebagai Calon Generasi Muda Andalan Kabupaten Lampung Selatan” ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Selatan Ir. H. Sutono, MM selaku Pembina I DPC GOPTKI Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bunda Paud Lamsel Ny. Pitka R. Menoza yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Kabid PNFI DISDIK Lamsel Syamsiah, SE, Kepala Disdik Lamsel, Camat Kalianda, serta para pengelola TK/RA se- Lamsel.
Ketua DPC GOPTKI Lamsel Endang Sutono dalam sambutannya mengatakan, Gebyar TK/RA merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak usia dini (TK/RA, red) dalam melatih dan menunjukkan kreatifitasnya sehingga menjadi anak-anak yang tunas bangsa yang berprestasi di masa depan.

“Dengan adanya kegiatan Gebyar TK/RA ini, diharapkan dapat terbangun rasa kebersamaan, kekeluargaan diantara sesama anak-anak usia dini dan antara anak-anak dengan pendidiknya. Serta dapat membangun sportivitas anak-anak sejak dini,” ujarnya.

Dia menuturkan, selain untuk meningkatkan kreatifitas anak didik TK/RA, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan dan menambah wawasan para tenaga pendidik dan kependidikan, sekaligus membangun hubungan harmonis antara sesama tenaga pendidik guru TK/RA dengan pengurus GOPTKI kabupaten dan kecamatan, serta menjalin silaturahmi antara pengurus GOPTKI, IGTKI, PGRI dan IPI se- Kabupaten Lampung Selatan.

Diungkapkannya, program kegiatan yang dilaksanakan DPC GOPTKI Lamsel ini diharapakan dapat mengatasi permasalahan anak dan untuk mengantisipasi, serta mengedepankan pendampingan untuk anak-anak baik di sekolah, rumah maupun masyarakat agar tidak terbawa arus moderenisasi zaman.
“Oleh sebab itu, pendidikan keorangtuaan (parenting, red) perlu diaktifkan dan lembaga-lembaga yang terkait dengan pendidikan anak usai dini juga harus pro aktif untuk mengkritisi kejadian-kejadian yang tidak menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Pembina I DPC GOPTKI Lamsel Ir. Sutono mengatakan, kegiatan Gebyar Taman Kanak-Kanak seperti ini memiliki makna yang penting dan strategis, yakni sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan anak di usia dini, melalui rangsangan bermain yang menyenangkan bagi anak, juga  akan dapat memperkaya ragam bermain bagi anak anak TK.

“Kegiatan gebyar seperti ini dapat melatih anak-anak untuk berani tampil, melatih kepercayaan diri, serta menguji keterampilan yang mereka miliki, sehingga tanpa disadari mereka telah di giring dalam suatu pembentukan karakter yang dapat menjadi bekal dalam menjalani kehidupannya kelak di masa depan,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan belajar tampil di depan, anak-anak secara langsung akan mampu berkompetensi dalam mengembangkan kepribadiannya sebagai calon-calon pemimpin  di masa-masa yang akan datang. Dan akan menjadi generasi-generasi yang kuat dengan memiliki karakter, sehingga dapat menjadi permata-permata yang menyenangkan bagi para orang tua.

“Disisi lain, kegiatan ini juga akan dapat meningkatkan pemahaman bagi orang tua terhadap kebutuhan bermain bagi anak anak usia dini, sehingga diharapkan kedepan anak – anak akan dapat menjadi generasi yang sehat dan ceria, yang kelak dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.
Informasi yang dihimpun Teraslampung.com, dalam kegiatan Gebyar TK/RA itu pihak penyelenggara menggelar berbagai macam perlombaan yakni lomba mewarnai, fashion show busana muslim, menyanyi, mengucap surat pendek, dan lomba lari estafet.

“Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala tetap, piagam dan uang pembinaan sebagai perangsang bagi peserta didik, agar bisa terus meningkatkan kreativitas yang dimiliki,” pungkas Kepala TK Masjid Agung Kalianda Erna Yulis, selaku panitia dalam kegiatan tersebut.