DPKK Lamsel Siapkan Diri Hadapi Penilaian Adipura Tahap I

  • Bagikan



Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Pasukan Kuning Dinas Pasar Kebersihan dan Keindahan Lamsel, gencar melakukan bersih-bersih diseputaran Kota Kalianda. (Foto: Teraslampung.com/Iwan Sastra)



KALIANDA – Dinas Pasar Kebersihan Dan Keindahan (DPKK) Kabupaten Lampung Selatan, mulai gencar mempersiapkan diri menghadapi penilaian lomba Adipura tahap pertama (P.1) Tahun 2014 yang akan dilangsungkan pada pertengahan November tahun ini.
 
 “Kami selaku dinas yang menangani masalah kebersiahan di kabupaten ini (Lamsel, red) mulai melakukan pembenahan dan mengevaluasi berbagai kekurangan  yang dapat mempengaruhi penilaian Adipura tahap pertama nanti,” ujar Kepala DPKK Lamsel Zubaidi, SH, kepada Teraslampung.com diruangkerjanya, Selasa (4/11).
 
Zubaidi menuturkan, berbagai pembenahan kebersihan dan keindahan yang dilakukan pihaknya diwilayah Kecamatan Kalianda, bukan  hanya dalam upaya merebut piala Adipura saja, tetapi juga sebagai upaya membudayakan bersih lingkungan kepada masyarakat agar kebersihan Kota Kalianda yang merupakan Ibukotanya Kabupaten Lamsel dapat terus terjaga.
 
“Lomba penilaian Adipura ini bukanlah akhir dari upaya peningkatan kebersihan yang dilakukan selama ini. Namun untuk mencapai tujuan akhir, yakni bagaimana agar masyarakat punya budaya hidup bersih dan membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan,” tutur Zubaidi.
 
Diungkapkannya, pada lomba penilaian adipura tahun 2013 lalu, Kota Kalianda gagal mendapatkan predikat sebagai kota kecil terbersih dan indah. Namun katanya, hal tersebut tidak menyurutkan niat dan upaya DPKK Lamsel untuk bisa kembali meraih gelar bergengsi tingkat Nasional tersebut pada tahun ini.

 
“Kegagalan tahun lalu jangan dijadikan penyesalan, tetapi jadikanlah sebagai motivasi untuk bisa kembali bangkit meraih kemenangan. Oleh karena itu, berbagai kesiapan untuk menghadapi penilaian adipura tahap awal ini sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat Kota Kalianda, serta dinas instansi dilingkungan Pemkab Lamsel. Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan bisa membawa hasil dan  Piala Adipura bisa kembali diraih oleh Kabupaten Lamsel untuk kesekian kalinya,” katanya.

  • Bagikan