Beranda News Nasional DPR Tetapkan 8 Anggota DEN

DPR Tetapkan 8 Anggota DEN

194
BERBAGI

Delapan anggota baru Dewan Energi Nasional

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

Jakarta–Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menetapkan delapan  anggota Dewan Energi Nasional periode 2014-2019 dalam rapat paripurna, Selasa (18/2). Kedelapan anggota DEN tersebut berasal dari unsur pemangku kepentingan. Unsur pemangku kepentingan yang masuk dalam tim DEN adalah akademikus, kalangan industri, kalangan lingkungan hidup, kalangan teknologi,dan konsumen.

Kedelapan anggota DEN yang ditetapkan itu adalah Tumiran, Rinaldy Dalimi (akademikus), Achdiat Atmawinata, Abadi Poernomo  (kalangan industri),  Andang Bachtiar (kalangan teknologi), A. Sonny Keraf (kalangan lingkungan hidup), Syamsir Abduh, dan Dwi Hary Soeryadi (konsumen).

Sebelumnya pemerintah mengajukan 16 calon anggota DEN untuk dilakukan uji kepalayakan dan kepatutan (fit and proper tes) di Komisi VII DPR. Dari jumlah tersebut, kedelapan orang itulah yang dipilih Komisi VII DPR untuk ditetapkan paripurna sebagai anggota Komisi DEN  periode 2014-2019.

Tugas DEN antara lain merancang dan merumuskan Kebijakan Energi Nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR, menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), menetapkan langkah-langkah penanggulangan Kondisi Krisis dan Darurat Energi (Krisdaern), dan mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi  yang bersifat lintas sektor.

DEN juga bertugas mengatur tentang ketentuan mengenai jenis, jumlah, waktu, dan lokasi cangan penyangga energi.

Sebelumnya, dalam rapat tersebut Ketua Komisi VII DPR RI Sutan Bhatoegana  menyampaikan laporan Hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota DEN  periode 2014-2019  yang telah dilaksanakan  Komisi VII.

Dari hasil  Uji Kelayakan dan Kepatutanyang dilakukan Komisi VII DPR RI  dan  pemilihan Calon Anggota DEN Periode 2014-2019 melalui  mekanisme pemungutan suara, Komisi VII telah menetapkan  8 (Delapan) Calon Anggota DEN  Periode 2014-2019.

DEN dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua, dengan Wakil Ketua Wakil Presiden Boediono, dan Ketua Harian Menteri ESDM Jero Wacik. Adapun anggota dari unsur pemerintah adalah Menteri Keuangan Chatib Basri; Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Prof. Armida Alisyahbana; Menteri Perhubungan EE. Manginaan; Menteri Perindustrian MS. Hidayat; Menteri Pertanian Suswono; Menristek Gusti Muhammad Hattal; dan Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya.

Anggota DEN periode 2009-2014 adalah Ir. Agusman Efendi; Alm. Prof. Widjajanto Partowidagdo; Prof.Ir. Rinaldy Dalimi; Ir. Eddie Widiono; Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim; Dr. Ir. Tumiran; Orif. Ir. Mukhtasor; dan Prof. Dr. Herman Agustiawan.

Loading...