Beranda News Pusiban DPRD Banten Studi Banding ke Kantor KI Lampung

DPRD Banten Studi Banding ke Kantor KI Lampung

250
BERBAGI
Para anggota Komisi I DPRD Banren dialog dengan komisioner Komisi Informasi Lampung, Jumat (3/3/2017).

TERASLAMPUG.COM — Lima belas anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten berkunjung ke Kantor Komisi Informasi Provinsi Lampung, Jumat (3/3/2017).

Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Banten, Zaid Elhabib,itu diterima Ketua KI Lampung Dery Hendryan dan para komisioner KI Lampung lainnya.

Zaid Elhabib mengatakan kunjungan ke KI Lampung dalam rangka studi banding guna melihat dari dekat program kerja dan kendala pasca terbitnya UU 23 Tahun 2014 dan PP 18 Tahun 2016.

“Kami ingin tahu, apakah terjadi penguatan atau sebaliknya pelemahan terhadap sekretariat KI lampung. Tak lupa juga ditanyakan perihal model pendanaan dan kelembagaan sekretariat KI Lampung,” katanya.

Ketua KI Lampung Dery Hendryan mengatakan KI Lampung pada tahun ini diorientasikan pada penguatan penyelesaian sengketa informasi, baik dari sisi kualitas beracara maupun kapasitas kepaniteraannya.

“Setelah di tahun pertama (2016) kami fokus pada penguatan kelembagaan khususnya sekretariat dalam menopang tugas-tugas komisioner, kini pada tahun kedua kami memperkuat penyelesaian sengketa informasi,” katanya.

Dery mengaku setelah terbitnya Pergub No. 3 Tahun 2016 maka status sekretariat menjadi UPTD kini KI Lampung lebih mandiri  dalam melakukan pengelolaan administrasi dan keuangan. Harapannya bisa mengakomodasi Pasal 29 UU 14 Tahun 2008, kata Dery.

Menurut Dery pendanaan KI Lampung pada tahun anggaran 2017 melalui DPA pada Dinas Kominfotik dan mendapatkan anggaran 4 miliar. Perinciannya: Rp3 miliar untuk operasional dan Rp1 miliar untuk memperbaiki gedung kantor.

Dery jmengaku sangat mengapresiasi komitmen Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan DPRD Provinsi Lampung yang sangat mendukung  keberadaan lembaga dan anggaran KI Lampung karena alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala.diruangan kerjanya.