Beranda Ruwa Jurai Mesuji DPRD dan Pemkab Mesuji Setujui Empat Raperda

DPRD dan Pemkab Mesuji Setujui Empat Raperda

122
BERBAGI

MESUJI, Teraslampung.com — Pemerintah Kabupaten Mesuji dan DPRD Kabupaten Mesuji menyetujui empat rancangan peraturan daerah (Raperda) yang diajukan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Mesuji Tahun 2016. Penandatanganan persetujuan bersama dilakukan oleh Bupati Mesuji, Khamami dan Ketua DPRD Kabupaten Mesuji, Fuad Amrulloh,  di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Mesuji, Desa Gedung Ram, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (12/05/2016).

Pemkab Mesuji sebenarnya mengajukan enam Prolegda, tetapi baru empat yang disetujui DPRD. Yakni Raperda tentang Bangunan Gedung, Raperda tentang Kota Terpadu Mandiri (KTM), Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji Nomor 02 Tahun 2012 tentang Pajak Daerah, dan Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Sedangkan dua raperda lainnya, yaitu Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji Nomor 05 Tahun 2011 tentang Lambang Daerah dan Raperda tentang Pengendalian Peredaran Minuman Keras masih dilakukan pembahasan.

Bupati Khamami berterima kasih kepada pimpinan, Panitia Khusus, dan Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Mesuji yang bekerja keras mengeluarkan tenaga, pikiran, dan gagasan dalam pembahasan raperda tersebut.

“Selanjutnya, sesuai dengan amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana diubah dengan UU Nomor 9 Tahun 2015 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, raperda yang telah disetujui bersama tersebut akan disampaikan kepada Gubernur selaku wakil Pemerintah Pusat untuk dilakukan evaluasi,” ujarnya.

Berkaitan dengan Raperda tentang Barang Pengelolaan Milik Daerah yang disetujui, dirinya berpesan kepada seluruh jajaran dalam pengelolaan barang milik daerah agar mempedomani UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, PP Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, PP Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penjualan Barang Milik Negara/Daerah Berupa Kendaraan Perorangan Dinas, dan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, dan Peraturan daerah yang akan disahkan.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Mesuji atas kerja keras, kerjasama dan dukungan selama pembahasan raperda, sehingga dapat disetujui bersama pada hari ini. Saya berharap dengan disetujuinya raperda ini untuk nantinya disahkan menjadi Perda, dapat menjadi payung hukum yang bermanfaat bagi kemajuan pembangunan dan ketertiban di Kabupaten Mesuji,” pungkasnya.

Loading...