DPRD Kota Bandar Lampung Sahkan Dua Raperda

Bagikan/Suka/Tweet:

Ketua DPRD Bandar Lampung Wiyadi menyerahkan dua Raperda kepada Pj Bupati Sulpakar di ruang rapat DPRD Kota Bandar Lampung, kamis (26/11)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–DPRD Bandarlampung mensahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Usulan Inisiatif. Kedua Raperda tersebut yakni Raperda mengenai Retribusi Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) dan Raperda mengenai Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Permukiman.Pengesahan Raperda ini dilakukan dalam Sidang Paripurna DPRD Bandarlampung Kamis (26/11).

Raperda IMTA  merupakan usulan dari Komisi IV DPRD, sedangkan Raperda Penyerahan Prasana Permukimam merupakan usulan dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD setempat.

Raperda IMTA nantinya mengatur mengenai retribusi yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada Pemerintah Daerah ketika mempekerjakan tenaga asing. Raperda IMTA ini menjadi tutunan dari Pasal 156 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang  Pajak dan Retribusi Daerah.

AnggotaKomisi IV DPRD Pebriani Piska  mengatakan dengan adanya Perda IMTA  diharapkan akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandarlampung. ” Dengan Perda IMTA akan meningkatkan PAD terutama melakukan perluasan objek Retribusi Daerah yang selama ini belum tergarap maksimal,” katanya.

Sementara Ketua BPPB DPRD Bandarlampung Imam Santoso mengatakan Perda Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Permukiman bertujuan agar setiap pembangunan perumahan baru memperhatikan ketersedian fasiliitas umum bagi penghuninya.

Pj.Walikota Sulpakar menyambut baik pengesahan dua Raperda ini. Menurutnya selain memberikan tambahan PAD, Raperda ini juga akan memberikan Bandarlampung tata kelola yang lebih baik pada tahun-tahun mendatang. “Nanti pendapatannya akan dipergunakan untuk pembangunan Bandarlampung. Sementara jika ada kekurangan Perda akan ditindaklanjuti dengan Peraturan Wali Kota (Perwali),” katanya. Mas Alina Arifin