Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara DPRD Lampung Utara Godok Tiga Raperda Inisiatif

DPRD Lampung Utara Godok Tiga Raperda Inisiatif

221
BERBAGI
Ketua DPRD Lampung Utara, Romli menyerahkan draft tiga raperda kepada Pj Sekkab, Sofyan.

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–DPRD Lampung Utara mulai menggodok tiga rancangan peraturan daerah usul inisiatif mereka. Tiga Raperda yang sedang digodok itu ialah Raperda Kabupaten Layak Anak, Raperda Beasiswa Daerah, Raperda Perlindungan Ketenagakerjaan.

Dalam sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Lampung Utara, Romli ini, Marlena, juru bicara ketiga Raperda tersebut mengatakan ba‎hwa ketiga Raperda ini murni inisiatif dari kalangan DPRD.

Munculnya Raperda – raperda inisiatif ini dilatarbelakangi oleh aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya peningkatan kesejahteraan, kepedulian, dan perlindungan terhadap tenaga kerja, pendidikan, dan anak.

“Raperda – raperda ini hasil penyerapan aspirasi masyarakat untuk memenuhi ‎kebutuhan dan kepentingan masyarakat,” kata Marlena dalam sidang paripurna DPRD dengan agenda penyampaian tiga Raperda di gedung legislatif, Selasa (18/2/2020).

‎”Setiap anak berhak atas perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, dan pelanggaran HAM lainnya. Inilah yang melatarbelakangi lahirnya Raperda Kabupaten Layak Anak,” tuturnya.

Adapun latarbelakangi lahirnya Raperda Beasiswa ialah untuk membantu siswa – siswi berprestasi atau tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dengan demikian, tidak akan lagi terdengar cerita ada siswa/siswi berprestasi yang putus sekolah.

“Raperda ini juga bentuk apresiasi kita semua terhadap prestasi para peserta didik,” kata dia.

Sementara mengenai Raperda Perlindungan Tenaga Kerja, Marlena menjelaskan, hal ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang aman, efisien sehingga dapat mendorong peningkatan produktivitas.

“Seluruh Raperda ini telah memenuhi aspek dasar untuk dijadikan Raperda yang kemudian dapat disahkan menjadi Perda,” paparnya.

Di lain sisi, Penjabat Sekretaris Kabupaten, Sofyan menuturkan, pihaknya sangat mendukung lahirnya ketiga raperda tersebut karena raperda – raperda itu sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

“Raperda – raperda ini akan segera kami pelajari dan bahas bersama,” kata dia.

Loading...